Sleman

Kabupaten Sleman Raih Penghargaan dalam Pilar Smart Living

Pemerintah Kabupaten Sleman kembali mendapatkan penghargaan dalam pengembangan Smart City atau smart regency di Indonesia.

Kabupaten Sleman Raih Penghargaan dalam Pilar Smart Living
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUJNOGJA.COM, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten Sleman kembali mendapatkan penghargaan dalam pengembangan Smart City atau smart regency di Indonesia.

Kabupaten Sleman dinobatkan menjadi salah satu dari 6 kota/kabupaten terbaik berdasarkan 6 pilar smart city, dalam ajang Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City di Balai Sudirman, Jakarta pada Rabu (6/11/2019) kemarin.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Eka Suryo Prihantoro menjelaskan, pemerintah Kabupaten Sleman dinilai berhasil menjalankan tiga aspek utama dalam smart living.

Aspek yang dimaksud yakni harmonisasi tata ruang wilayah.

Kedua, menyediakan prasarana kesehatan yang berkualitas.

Ketiga, menyediakan prasarana mobilitas publik yang nyaman.

Peralatan Terbatas, DLH Sleman Hanya Mampu Pangkas 3-4 Pohon Sehari

"Ketiga aspek tersebut diwujudkan dalam berbagai program yang telah dan sedang dilaksanakan," ujarnya.

Ia melanjutkan, program-program tersebut antara lain program rehabilitasi dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas LLAJ, program standarisasi pelayanan kesehatan, program perencanaan tata ruang, sistem call center dan sistem fast-respon, pemasangan CCTV dan EWS di kawasan risiko bencana, layanan aplikasi Sleman Emergency Service (SES), Sistem Pendaftaran Pasien Online, Pemanfaatan Data Peta Spasial, CCTV Monitoring jalan raya serta wilayah potensi bencana, dan Pengembangan Smart PJU dan ATCS.

Adapun selain Pemerintah Kabupaten Sleman, lima kota/kabupaten lain juga dinobatkan sebagai kota/kabupaten terbaik berdasarkan enam pilar smart city, yaitu untuk Pilar Smart Governance diberikan kepada Kota Semarang, Smart Branding diberikan kepada Kabupaten Jember, Smart Economy diberikan kepada Kota Denpasar, Smart Society diberikan kepada Kabupaten Bojonegoro, dan Smart Environment diberikan kepada Kabupaten Grobogan.

Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Semuel Abrijani Pangerapan kepada Bupati Sleman yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved