Yogyakarta

Doakan Lekas Sembuh, Wapres Ma'ruf Amin Jenguk Wakil Ketua Umum MUI

Kedatangan Wakil Presiden untuk mendoakan kesembuhan Yunahar Ilyas yang sudah 10 hari dirawat di PKU Muhammadiyah dikarenakan menderita gagal ginjal.

Doakan Lekas Sembuh, Wapres Ma'ruf Amin Jenguk Wakil Ketua Umum MUI
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Wali Kota Yogyakarta saat memberikan keterangan mengenai kunjungan Wakil Presiden kepada wartawan pada Kamis (7/11/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjenguk Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Yunahar Ilyas yang tengah dirawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta pada Kamis (7/11/2019).

Ma'ruf yang juga didampingi istri Wury Ma'ruf Amin, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Halim Iskandar, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, serta Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti tiba di RS PKU Muhammadiyah pada pukul 14.35 WIB dan kurang lebih melakukan kunjungan selama 15 menit.

Haryadi Suyuti, Wali Kota Yogyakarta menjelaskan, kedatangan Wakil Presiden untuk mendoakan kesembuhan Yunahar Ilyas yang sudah 10 hari dirawat di PKU Muhammadiyah dikarenakan menderita gagal ginjal.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

"Pak Wapres dan Pak Yunahar sangat akrab, dan Pak Yunahar juga terlihat sangat baik. Beliau (Wapres) bahkan tadi mengatakan Pak Yunahar adalah calon pengganti beliau, sehingga Pak Wapres mendoakan semoga sehat kembali karena juga masih dibutuhkan oleh umat," ungkapnya.

Dokter Agus Taufiqurahman, Ketua Badan Pembina Harian RS PKU Muhammadiyah mengungkapkan diagnosis awal Yunahar dikarenakan diabetes melitus dan mengarah pada gangguan ginjal.

Menurutnya, saat ini kondisi ginjal Yuhanar tidak berfungsi dengan baik, sehingga setiap minggu harus cuci darah sebanyak dua kali.

Maruf Amin : Larangan Penggunaan Celana Cingkrang dan Cadar Berlaku di Beberapa Instansi Pemerintah

"Kondisi sekarang bagus sudah mulai stabil. Tadi pagi habis cuci darah sekarang bugar beliau. Sehingga hingga Desember stabil maka dilakukan cangkok ginjal," terangnya.

Agus menjelaskan, direncakan Yunahar akan melakukan cangkok ginjal di RSUP dr Sardjito.

Untuk mendonor sendiri dari pihak keluarga yang tidak lain adalah keponakannya.

"Harus dipersiapkan semuanya (cangkok ginjal), karena persiapan bisa sampai tiga bulan. Kita siapkan, secara teknis medis kan harus memastikan donornya bagus, yang dikasih donor juga harus bagus. Donornya dari ponakannya, sudah dilakukan kroscek," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved