Kota Yogyakarta

Kelompok Rentan Miskin Dominasi Penerima KSJPS

Untuk itu, upaya pencocokan data dan juga verifikasi lapangan terus digalakkan. Saat ini program tersebut sudah masuk pada tahap teknik uji publik ked

Kelompok Rentan Miskin Dominasi Penerima KSJPS
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Sosial Kota Yogyakarta menargetkan verifikasi dan uji publik data Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) rampung pada Desember mendatang.

Untuk itu, upaya pencocokan data dan juga verifikasi lapangan terus digalakkan. Saat ini program tersebut sudah masuk pada tahap teknik uji publik kedua.

"Pada tahap ini hasil pengolahan data kita sampaikan kepada tiap-tiap ketua RT dan RW dan stakeholder kelurahan lainnya, harapannya data itu bisa dicermati lagi dan ke depan selama lima hari kerja bisa dicocokkan kembali kalau ada yang kurang pas," jelas Esti Setyarsi, Kepala Bidang Data Informasi dan Pemberdayaan Sosial, Rabu (6/11/2019).

Angka Kemiskinan Absolut Capai 4,06 Persen

Esti menyebut, 8 November mendatang merupakan batas akhir dari tahapan uji publik kedua.

Setelah itu, akan dilakukan verifikasi ulang pada data usulan yang masuk lewat peninjauan lapangan, yakni dengan pencocokan NIK, alamat, maupun kondisi riil warga penerima KSJPS.

"Targetnya bulan Desember sudah selesai semua dan hasil penetapan data bisa dilaporkan ke Walikota untuk dibuatkan surat keputusannya," tambah Esti.

Dia mengklaim, daftar penerima KSJPS menunjukkan penurunan dari tahun ke tahun.

Pada tahun ini ada sebanyak 15.282 KK yang menjadi penerima program tersebut, turun 11 persen dari tahun 2018.

Dinsos pun menggolongkan warga yang menerima kartu Keluarga Menuju Sejahtera (KMS) dalam tiga jenis, yakni KMS 1 fakir miskin, KMS 2 miskin, serta KMS 3 rentan miskin.

Gelar Dua Kali Uji Publik, Dinsos Pastikan KSJPS di Kota Yogyakarta Tepat Sasaran

"Kota paling banyak itu yang rentan miskin, yang nilainya berada pada skor 31-50. Tahun lalu, fakir miskin kita sudah tidak ada," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved