Yogyakarta

Dispar DIY: Event Otomotif Jogja Volkswagen Festival 2019 Dongkrak Wisatawan Mancanegara

Hadirnya beragam event termasuk otomotif salah satunya dengan Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 ini turut menyumbang angka kunjungan wisatawan man

Dispar DIY: Event Otomotif Jogja Volkswagen Festival 2019 Dongkrak Wisatawan Mancanegara
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Sesi jumpa media Jogja Volkswagen Festival 2019 yang diselenggarakan di Hotel Alana Yogyakarta, Rabu (6/11/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Hadirnya beragam event termasuk otomotif salah satunya dengan Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 ini turut menyumbang angka kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY.

Hal ini diungkapkan oleh Marlina Handayani Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY dalam sela jumpa media JVWF 2019 di Hotel Alana Yogyakarta, Rabu (6/11/2019).

"Event (otomitif) semacam ini seharusnya bukan hanya satu dua hari saja tapi bisa lebih dari itu sehingga bisa mendongkrak dan menambah length of stay wisatawan di Jogja," paparnya kepada media.

Marlina menjelaskan, DIY tak boleh hanya berpangku tangan pada wisata yang itu-itu saja. Diperlukan kreativitas dan daya tarik lain untuk menjaga angka kunjungan wisatawan tetap tinggi.

Cuma Bayar Rp 50 Ribu Bisa Bawa Pulang Mobil Kodok Bergaya German Look di Lucky Draw JVWF 2019

"Potensi wisata di Jogja ini kan beragam dan untuk merealisasikan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara diperlukan sebuah pancingan dan daya tarik lebih salah satunya JVWF ini," tandasnya.

Untuk mendorong magnet-magnet baru bagi wisatawan mancanegara di Yogyakarta, pemerintah, kata Marlina, akan selalu mendukung event-event kreatif dan inovatif.

Selain akan mendongkrak angka kunjungan, multiplier effect dari kunjungan tersebut adalah ekonomi masyarakat menjadi berputar dan meningkat.

"Hotel laku, wisata laku, oleh-oleh juga laku, kuliner apalagi, ini yang harus kita dorong sehingga dari satu event ini mampu mendorong ekonomi masyarakat yang lainnya," paparnya.

Marlina pun mengupayakan akan menjadikan event JVWF ini menjadi agenda rutin dua tahunan yang menjadi agenda prioritas pariwisata yang akan terus disupport oleh Dinas Pariwisata DIY.

VW Super Beetle 1303 Tahun 1974 Bergaya German Look Jadi Lucky Draw Jogja Volkswagen Festival 2019

Ketua Panitia JVWF 2019 Tjahjo Widjodjono menjabarkan event JVWF 2019 ini akan diselenggarakan di Jogja Expo Center pada 9-10 November 2019 dan diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 800 wisatawan asing yang berasal dari 15 negara baik Asia maupun Eropa dan Amerika.

Diantaranya dari Singapura, Brunei, Malaysia, Philiphina, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.

Sementara dari luar Asean ada Amerika, Inggris, Perancis, Belgia, BeIanda, Jerman, India, Jepang, Australia dan Swiss.

"Mereka berasal dari para VW antusias dan perwakilan klub penggemar VW dari berbagai negara, tak kurang dari 15 negara akan hadir dalam event yang diselenggarakan oleh Volkswagen Club Yogyakarta (VCY) ini," tambahnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved