Gunungkidul

TPAS Wukirsari Diprediksi Akan Penuh pada Awal 2020

Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Wukirsari di Desa Beleharjo, Wonosari diprediksi akan penuh pada awal tahun 2020.

TPAS Wukirsari Diprediksi Akan Penuh pada Awal 2020
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Wukirsari di Desa Beleharjo, Wonosari diprediksi akan penuh pada awal tahun 2020.

Hal tersebut diketahui setelah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul melakukan pengkajian.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan, setiap harinya sampah yang masuk ke TPAS Wukirsari sebanyak 365 ton dengan jumlah tersebut membuat kapasitas TPAS Wukirsari menjadi berkurang.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

"Dari intensitas pembuangan ini pun berdampak terhadap daya tampung karena sudah mendekati ambang batas maksimal. Prediksi terbaru hanya sanggup bertahan hingga awal tahun depan atau lebih cepat dari perkiraan awal,” kata Agus, Selasa (11/5/2019).

Sambung Agus, TPAS Wukirsari meiliki luas 9 hektare namun baru dimanfaatkan seluas 5 hektare sehingga jika membutuhkan perluasan lahan tidak menjadi persolan.

“Saat dibangun memiliki lahan sembilan hektare, tapi baru dimanfaatkan empat hektare. Jadi, lahan TPAS masih bisa diperluas lagi sehingga usia bisa lebih panjang,” ungkapnya.

Dirinya telah berkomunikasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk segera dilakukan perluasan, sehingga jika perluasan segera dilakukan sampah tidak menjadi masalah ke depannya.

BPBD Gunungkidul Bulan Ini Mulai Cek Kondisi EWS

Dirinya menjelaskan jika ada solusi untuk mengurangi sampah yang dibuang di TPAS Wukirsari yaitu dengan mengurangi residu sampah, namun masyarakat masih kurang pemahaman terkait pemilahan sampah sehingga semua jenis sampah dibuang di TPAS Wukirsari.

“Coba kalau yang dibuang hanya residu yang benar-benar tidak bisa diproses, pasti yang dibuang ke TPAS akan berkurang. Tapi faktanya, proses pemilah-milahan sampah belum optimal,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Sri Suhartanto mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi terait dengan kondisi TPAS Wukirsari.

“Sudah ada pembicaraan untuk penambahan area luasan sehingga bisa menambah daya tampung, Untuk perluasan kami sudah berkomunikasi dengan Satuan Kerja Balai Prasarana DIY mudah-mudahan disetujui sehingga dapat fasilitas untuk perluasan TPAS,” katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved