Sport

Percasi DIY Incar 1 Medali Emas di Pra Kualifikasi PON

Pengda Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) DIY menargetkan meraih 1 medali emas dalam ajang Pra-Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) zon

Percasi DIY Incar 1 Medali Emas di Pra Kualifikasi PON
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Pelepasan atlet catur DIY di Kantor KONI DIY, Selasa (5/11/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) DIY menargetkan meraih 1 medali emas dalam ajang Pra-Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) zona Jawa yang berlangsung di Cilacap, Jawa Tengah, pada 5-10 November 2019.

Manajer tim catur DIY, M. Nurzani Setiawan mengatakan peluang mendulang medali emas terbuka dari nomor perorangan. Sedangkan untuk nomor beregu, Pengda Percasi DIY mematok target lolos ke babak play off.

"Untuk babak kualifikasi Pra PON di Cilacap, tim catur pra PON DIY untuk perorangan targetnya langsung lolos ke PON. Untuk beregu targetnya minimal masuk play off," ujar Nurzani.

Pecatur Vietnam dan Kazakhstan Kuasai Klasemen Akhir JAPFA GM and WGM Tournament 2019

Menurutnya, persaingan di zona Jawa tidaklah mudah. Namun, ia tetap optimis target tersebut dapat diraih kontingen catur DIY.

"Nantinya dari enam provinsi se-Jawa itu yang otomatis lolos nomor 1 dan 2, sedangkan peringkat ke-3 dan 4 menjalani babak play off. Materi provinsi lain kuat, untuk beregu putra InsyaAllah kita bisa mengalahkan Banten dan Jateng," ujar Nurzani.

"Kalau 2 provinsi ini bisa kita kalahkan, kita minimal play off karena DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur kita kalkulasi permainan masih di atas kita," tambahnya.

Adapun tim catur DIY yang dikirimkan untuk mengikuti Pra-Kualifikasi PON zona Jawa , meliputi 5 atlet putra yakni M. Kahfi Maulana (nomor perorangan) Kemudian Roid Attakatsur, Wahyu RS, Andhita Wicaksono, dan Ridwan Nursanto yang keempatnya tampil di nomor beregu.

"Kahfi dalam 2 tahun terakhir bisa mengalahkan yang bergelar master nasional dan master fide walaupun dia belum bergelar. InsyaAllah bisa target lolos," harapnya.

Harapan Tinggi Tersemat pada Dua Pecatur Indonesia di Piala Dunia

Sebelumnya dalam Kegiatan Pelepasan Atlet Pra-Kualifikasi PON di KONI DIY pada Selasa (5/11/2019), Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto mengimbau kepada para atlet untuk selalu fokus, konsentrasi, dan menjaga kondisi sehingga dapat menampilkan performa maksimal dalam pertandingan.

Selain itu juga harus memiliki semangat untuk fighting dan berjuang sekuat tenaga demi lolos PON. Tak lupa untuk meminimalkan penggunaan gadget, sehingga tidak mengganggu recovery setelah bertanding.

"Atas nama KONI DIY, menghaturkan terima kasih kepada seluruh jajaran pengda cabor yang telah mempersiapkan kontingen sehingga sukses dalam rangka PON XX Papua Tahun 2020 mendatang. Kepada semuanya terutama pelatih dan atlet, anda sekalian tidak hanya mewakili cabor masing-masing, maupun KONI DIY, tapi juga wakil representasi dari seluruh masyarakat DIY, sehingga berjuang untuk hasil terbaik demi DIY yang istimewa," kata Djoko Pekik.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved