Pendidikan

LIDM, Ajang Unjuk Gigi Inovasi Mahasiswa

Lomba ini akan diikuti sebanyak 160 peserta dari 27 perguruan tinggi se-Indonesia dan akan memperlombakan empat kategori.

LIDM, Ajang Unjuk Gigi Inovasi Mahasiswa
istimewa
Diseminasi LIDM yang berlangsung di Rektorat UNY pada Selasa (5/11/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran serta membangun pengembangan keilmuan mahasiswa pada berbagai bidang, Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) akan diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 14-16 November 2019 mendatang.

Lomba ini akan diikuti sebanyak 160 peserta dari 27 perguruan tinggi se-Indonesia dan akan memperlombakan empat kategori yaitu inovasi teknologi digital pendidikan, kreasi materi pendidikan, kreasi video SDGs dan poster penghormatan gender.

Ditjen Belmawa Kemendikbud Didin Wahidin dalam diseminasi LIDM di Rektorat UNY pada Selasa (5/11/2019) mengungkapkan LIDM merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membangun pengembangan keilmuan mahasiswa terutama pada bidang yang sedang ‘in’ sekarang ini.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengakomodasi keinginan untuk membangun keilmuan yang mumpuni, karakter yang luhur, ke-Indonesiaan yang dalam serta siap bersaing dengan bangsa lain.

“Untuk itu teknologi yang digunakan adalah teknologi modern yang berbasis pada teknologi informasi” katanya

Didin menjelaskan, LIDM ini juga akan menjadi ajang untuk peningkatan soft skills mahasiswa, peningkatan karakter dan akhlak manusia yang ujungnya bermuara pada pembangunan rasa ke-Indonesiaan.

Melalui teknologi informasi akan mengakomodasi penerapan teori dan praktek kependidikan yang dilandasi keilmuan yang mumpuni.

Mahasiswa UNY Beri Pelatihan Guna Berdayakan Potensi Hutan Wisata Jurang Jero

Proses pendidikan itu melalui penggunaan teknologi digital.

"LIDM akan menjadi wahana menuju masyarakat dunia yang tidak ketinggalan dari bangsa lain. Mahasiswa dari seluruh Indonesia dipertemukan untuk membangun kohesivitas sosial yang utuh," terangnya

Rektor UNY Sutrisna Wibawa menjelaskan bahwa LIDM merupakan bagian dari implementasi revolusi industri 4.0”.

Dia berharap LIDM ini bisa menjadi ajang bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk terus berinovasi.

"Sebagai bagian dari implementasi perkembangan mutakhir teknologi informasi maka LIDM diharapkan menjadi ajang kreasi mahasiswa dari seluruh Indonesia" ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved