Yogyakarta

Tjahjo Kumolo Buat Edaran untuk Pemerintah Daerah Agar Tiru Tata Kelola Pemerintahan DIY

Pemda DIY selama 5 tahun berturut-turut menempati posisi sebagai pemda terbaik dan layak menjadi model bagi seluruh instansi pemerintahan di Indonesia

Tjahjo Kumolo Buat Edaran untuk Pemerintah Daerah Agar Tiru Tata Kelola Pemerintahan DIY
TRIBUNJOGJA.COM / Agung Ismiyanto
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo meminta daerah lain di Indonesia bisa belajar dan meniru pelaksanaan akuntabilitas tata kelola pemerintahan.

Hal ini karena Pemda DIY selama lima tahun berturut-turut juga telah menempati posisi sebagai pemda terbaik dan layak menjadi model bagi seluruh instansi pemerintahan di Indonesia.

“Semuanya harus solidkan birokrasi, DIY menjadi contoh nasional dengan anggaran meningkat, hasilnya ada. Daerah lain harus studi tiru dengan DIY jangan hanya banding,” ujarnya dalam pengarahannya pada acara penilaian AKIP dan Reformasi Birokrasi (RB) Pemda DIY dan Pemkab/Kota se-DIY di Gedong Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta, Senin (4/11/2019).

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Dia mengatakan, pihaknya juga sudah membuat surat edaran mengenai studi tiru ke DIY ini.

Pihaknya meminta pimpinan daerah di seluruh Indonesia untuk belajar bahkan meniru pelaksanaan tata kelola pemerintahan di DIY, khususnya untuk mempercepat reformasi birokrasi.

“Akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sudah sangat bagus, dan telah melakukan banyak efisiensi. Dari 3.000 program kemudian dipangkas menjadi sekitar 800an program ini sangat bagus,” jelasnya.

Hal ini dibuktikan dengan empat kali sejak 2014, Pemda DIY memperoleh hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat A atau terbaik.

Kemudian pada 2018, DIY bahkan menjadi satu-satunya daerah yang pertama kali menerima predikat AA dalam penilaian SAKIP.

Adanya reformasi birokrasi ini akan mempercepat pelayanan publik dan sesuai arahan presiden adalah untuk mempercepat masuknya investasi. Diantaranya adalah dengan mempermudah pelayanan publik hingga ke mal atau di pusat perbelanjaan lain.

Halaman
123
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved