Kota Yogya

Jelang Musim Hujan, Wakil Wali Kota Yogya Imbau Masyarakat Kerja Bakti

Kota Yogyakarta yang mulai diguyur hujan pada pekan pertama November lalu mulai menimbulkan sejumlah genangan air di sejumlah tempat.

Jelang Musim Hujan, Wakil Wali Kota Yogya Imbau Masyarakat Kerja Bakti
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengimbau masyarakat untuk aktif menggalakkan kerja bakti di lingkungan tempat tinggal saat memasuki musim penghujan seperti sekarang.

Heroe mengatakan, Kota Yogyakarta yang mulai diguyur hujan pada pekan pertama November lalu mulai menimbulkan sejumlah genangan air di sejumlah tempat.

Maka itu, masyarakat diminta untuk kembali bersama-sama membersihkan genangan air yang timbul dengan kerja bakti secara mendetail.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Beberapa hari ke depan intensitas hujan juga diperkirakan akan pula meningkat.

"Hujan yang pertama lalu cukup banyak laporan ke saya ada genangan air, mungkin karena masih pertama kali jadi masih ada sumbatan di beberapa tempat," jelasnya baru-baru ini.

Dengan membersihkan tempat-tempat yang berpotensi akan menimbulkan genangan, upaya itu dinilai tepat untuk mencegah genangan air menjadi semakin besar.

Selain itu, Heroe juga mengingatkan kepada sejumlah warga yang tinggal berdekatan dengan daerah aliran sungai (DAS) untuk selalu waspada.

Hadapi Musim Hujan, Warga dan Relawan Malioboro Classical Jogja Bersih-bersih Selokan Mataram

Terkhusus pada wilayah yang kerap terjadi longsor saat hujan datang.

"Harus mengantisipasi ya, karena kekeringannya lama jadi ketika ada hujan otomatis tanahnya gampang hanyut dan ambrol," ujarnya.

Ditambahkannya, peran Kampung Tangguh Bencana (KTB) yang telah terbentuk di pelbagai kampung juga mesti dioptimalkan lebih maksimal.

"Relawan KTB mungkin sudah bisa mulai menyisir daerah-daerah yang rawan sebagai tindakan preventif dan antisipasi," tukas Heroe. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved