Jawa

Bupati Klaten Serahkan Dana RTLH 2500 Unit Senilai Rp 25 Miliar

Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan dana untuk rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2500 unit senilai Rp25 miliar.

Bupati Klaten Serahkan Dana RTLH 2500 Unit Senilai Rp 25 Miliar
Dokumentasi Pemkab Klaten
Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan dana untuk rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2500 unit senilai Rp25 miliar di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten, Senin, (4/11/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan dana untuk rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2500 unit senilai Rp25 miliar pada acara sosialisasi bantuan keuangan kepada pemerintah desa untuk rehab RTLH yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Klaten 2019 di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten, Senin, (4/11/2019).

Setiap unit rumah yang menerima program rehab RTLH menerima bantuan Rp 10 juta. 

Dalam sambutannya, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, rumah selalu berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian juga punya fungsi sebagai pusat pendidikan keluarga, persemaian budaya dan menyiapkan generasi muda.

Karena rumah merupakan suatu yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat, maka tugas dan tanggungjawab pemerintah untuk memberikan bimbingan, bantuan dan kemudahan untuk meningkatkan kualitas rumah warga Klaten. 

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

"Pemkab Klaten mempunyai komitmen untuk menyediakan rumah yang layak bagi masyarakat, karena masih adanya masyarakat yang tinggal di rumah tidak layak huni," kata bupati. 

Penanganan RTLH diantara dari Pemerintah Pusat melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Dana Alokasi Khusus  (DAK), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemdes Rehab RTLH dan beberapa pihak melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Jateng, bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan lain-lain. 

Menurut Sri Mulyani, alokasi APBD Klaten dalam tiga tahun terakhir untuk rehab RTLH pada tahun 2017 Rp16 miliar untuk 1600 unit rumah, tahun 2018 Rp25 miliar untuk 2500 unit rumah dan tahun 2019 ini juga Rp25 miliar untuk 2500 unit rumah.

Dana tersebut merupakan anggaran terbesar kabupaten/kota se Jawa Tengah untuk kegiatan rehab RTLH yang bersumber dari APBD kabupaten/kota. 

Kades Terpilih di Klaten Wajib Hindari Diskriminatif Anggaran

"Keseriusan Pemkab Klaten bisa menjadi stimulan untuk semua pihak terutama masyarakat sendiri untuk mampu berdaya mewujudkan rumah yang layak huni. Sehingga dalam beberapa tahun ke depan, Kabupaten Klaten sudah bisa terbebas dari RTLH, sehingga sektor perumahan dan kawasan permukiman dapat tertangani secara baik bersama sektor lain baik sosial ekonomi, kesehatan dan pendidikan dan sektor lainnya," harap bupati.

Halaman
12
Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved