Ini Ucapan Kasar Lucinta Luna yang Bikin Acara Pesbuker Kena Teguran KPI

Acara Pesbuker beberapa kali mendapat teguran dari KPI. Kali ini Pesbukers mendapat teguran dari KPI karena ucapan kasar Lucinta Luna.

Ini Ucapan Kasar Lucinta Luna yang Bikin Acara Pesbuker Kena Teguran KPI
Instagram @lucintaluna
Instagram @lucintaluna, Acara Pesbukers mendapat sanksi dari KPI karena ucapan kasar Lucinta Luna 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Dwi Latifatul Fajri

TRIBUNJOGJA.COM - Lucinta Luna kerap tampil di berbagai reality show dan acara gosip, salah satunya acara Pesbukers. Namun penampilan Lucinta mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Lucinta mendapatkan teguran karena ucapan kurang sopan yang ditampilkan di acara Pesbukers.

Pada rilis tersebut, dituliskan hasil rapat pleno yang menjatuhkan teguran kedua untuk program siaran Pesbukers yang tayang di stasiun televisi swasta ANTV.

Teguran dari KPI kepada Pesbukers ANTV dibagikan melalui rilis di situs resmi kpi.go.id pada Rabu (31/10/2019).

Pesbukers mendapat teguran beberapa kali dari KPI, teguran yang terbaru adalah tayangan pada 12 September 2019 mulai pukul 17.18 WIB. KPI mendapati Lucinta berbicara kasar di tayangan tersebut.

"Kali kedua gue show diperlakukan pelecehan kayak b*** itu b*****t abiz lo berurusan sama gue gak pake lama hari ini malam ini gue buat laporan buat lo laki b*****t”." dalam keterangan yang dirilis kpi.go.id, dikutip dari Kompas.com

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, menyebutkan adegan tersebut menyalahi empat pasal dalam P3SPS terkait dengan perlindungan anak dan remaja.

Ada 4 pasal yang dilanggar dalam tayangan tersebut antara lain Pasal 14 Ayat (2) P3, Pasal 21 Ayat (1) P3, Pasal 15 Ayat (1) SPS, dan Pasal 37 Ayat (40a). Mulyo menyebutkan isi pasal yang tertuang dari pasal tersebut.

Mulyo berharap pihak ANTV segera melakukan pembenahan, karena Pesbukers beberapa kali mendapat teguran dari KPI.

  1. Pasal 14 Ayat (2) P3, menyebutkan bahwa lembaga penyiaran wajib memperhatikan kepentingan anak dalam setiap aspek produksi siaran.
  2. Pasal 21 ayat 1 P3, menyebutkan lembaga penyiaran wajib tunduk pada ketentuan penggolongan program siaran berdasarkan usia dan tingkat kedewasaan khalayak di setiap acara." penjelasan tambahan Mulyo
  3. Pasal 15 ayat 1 SPS menegaskan bahwa program siaran wajib memperhatikan dan melindungi kepentingan anak-anak dan atau remaja.
  4. Pasal 37 ayat 4 huruf a, dikatakan program siaran klasifikasi R dilarang menampilkan muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku yang tidak pantas. Dan atau membenarkan perilaku yang tidak pantas tersebut sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari.

(*)

( Tribunjogja.com | Dwi Latifatul Fajri )

Penulis: Dwi Latifatul Fajri
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved