Jawa

Rahasia Kota Malang Sukses Kelola Sampah Lewat Sistem yang Diadopsi dari Warga Bantul

Keberhasilan Pemkot Malang mengelola sampah dengan memakai sistem bank sampah menjadi perbincangan di tingkat kementerian pusat akhir-akhir ini.

Rahasia Kota Malang Sukses Kelola Sampah Lewat Sistem yang Diadopsi dari Warga Bantul
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Bank sampah yang menjadi sistem pengelolaan sampah andalan Pemkot Malang yang diadopsi dari bank sampah di Bantul. Foto diambil di Kantor Bank Sampah Malang (BSM), Kamis (31/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MALANG - Keberhasilan Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur mengelola sampah dengan memakai sistem bank sampah menjadi perbincangan di tingkat kementerian pusat akhir-akhir ini.

Atas capaian ini, Malang ditunjuk sebagai kota percontohan Gerakan Indonesia Bersih oleh Kementerian Lingkungan Hidup awal tahun lalu.

Siapa sangka, ide mengelola sampah memakai sistem bank sampah ini muncul dari seorang warga DIY bernama Bambang Suwerda warga Bantul.

Sedikit ironi, ketika Pemda DIY terlihat “kelabakan” mengelola sampah sedangkan kota lain sukses mengadopsi sistem bank sampah yang sebenarnya telah dikembangkan oleh seorang warganya sendiri.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

“Ide mengelola sampah kita meniru bank sampah yang didirikan Pak Bambang Suwerda warga Bantul bernama “Gemah Ripah”. Kita survey, adopsi dan pelajari. Kesimpulannya, bisnis sampah memang menguntungkan,” kata Sekda Kota Malang, Wasto di Kantor Pemkot Malang, Kamis (31/10/2019) kepada sejumlah awak media dari Yogyakarta.

Kehadiran awak media ke Malang ini difasilitasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY.

Tujuannya, bertukar informasi pengolahan sampah di Kota Malang.

Dengan harapan, awak media di Yogyakarta bisa ikut serta menjadi roda penggerak lewat karya tulisan untuk mendorong terciptanya sistem pengelolaan sampah yang baik di Yogyakarta.

Masih menurut Wasto, setelah mempersiapkan segala kebutuhan, termasuk “koperasi” sebagai dasar pembinaan yang dilakukan Pemkot, tepat pada 17 Agustus 2011 program bank sampah di Kota Malang resmi diluncurkan.

Program ini menjadi tonggak sistem pengelolaan sampah di Kota Malang setelah tiga dari empat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tutup.

Pemulung Berperan Kurangi Sampah

Halaman
123
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved