Prakiraan BMKG Musim Penghujan di DIY : Kulonprogo dan Sleman Paling Awal, Gunungkidul Paling Akhir

Hujan yang terjadi tempo hari sebagai pertanda bahwa beberapa wilayah di DIY telah memasuki musim pancaroba

Prakiraan BMKG Musim Penghujan di DIY : Kulonprogo dan Sleman Paling Awal, Gunungkidul Paling Akhir
ist/net
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Beberapa hari yang lalu, hujan dikabarkan mulai mengguyur sejumlah daerah yang ada di wilayah DIY.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala BMKG Stasiun Kronologi Mlati, Reni Kraningtyas, menuturkan bahwa hujan yang terjadi tempo hari sebagai pertanda bahwa beberapa wilayah di DIY telah memasuki musim pancaroba.

"Curah hujan yang terukur di Stasiun Klimatologi Mlati sebanyak 2,5 milimeter saat hujan turun beberapa waktu lalu," tuturnya kepada Tribunjogja.com, Rabu (30/10/2019).

Lebih lanjut ia memaparkan, untuk dapat dikatakan masuk ke musim penghujan, curah hujan harus mencapai 50 milimeter dalam sepuluh hari pertama atau dasarian, dan tetap konsisten dalam dua dasarian berturut-turut.

Reni juga menjelaskan menurut pantauan citra radar BMKG Staklim Mlati, dua kabupaten di DIY yakni Sleman dan Bantul telah diguyur hujan dengan intensitas ringan.

"Beberapa waktu lalu di Sleman hujan telah terjadi di empat kecamatan yakni Ngaglik, Turi, Mlati dan Tempel. Sedangkan di Bantul juga terpantau di radar yakni Dlingo, Pundong dan Banguntapan juga sudah terjadi hujan," katanya.

Selain itu, Reni juga menuturkan bahwa musim penghujan di DIY akan bervariasi waktunya.

Sembari menunjukkan data prakiraan awal musim hujan, Reni mengatakan bahwa wilayah Kulonprogo bagian utara dan Sleman bagian barat akan memasuki musim penghujan lebih dulu.

"Nantinya baru disusul Sleman bagian utara, Kota Yogyakarta, Kulon Progo bagian selatan, Bantul dan yang paling akhir adalah Gunungkidul," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Andreas Desca
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved