Kulon Progo

Kaum Milenial Rentan Alami Gangguan Kesehatan Jiwa

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, Sri Budi Utami mengatakan talkshow ini menjadi rangkaian acara dalam peringatan Hari Kesehatan Jiw

Kaum Milenial Rentan Alami Gangguan Kesehatan Jiwa
Dok Pemkab Kulon Progo
Suasana talkshow Kesehatan Mental untuk Generasi Milenial, Rabu (30/10/2019) di Aula Adikarta kompleks Pemkab Kulon Progo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Perkembangan teknologi informasi dan media sosial sangat erat berkaitan dengan keseharian kaum milenial.

Hal ini bisa menjadi faktor yang membuat mereka rentan terhadap gangguan kesehatan jiwa atau mental. 

Dokter spesialis kejiwaan dari RSUD Wates, Heru Yulianto mengatakan saat ini hampir semua remaja dalam kaum milenial menggunakan media sosial pada kegiatan kesehariannya.

Meski ada manfaat positifnya, penggunaan medsos secara berlebihan tetap berpotensi membawa dampak buruk kondisi kejiwaan kaum milenial. 

Peduli Kesehatan Jiwa, Yayasan Satunama Luncurkan RPKJ

"Mereka tak jarang berlomba-lomba mendapatkan banyak 'like'. Hal itu bisa membuat mereka jadi tertekan bahkan depresi,"kata Heru dalam talkshow Kesehatan Mental untuk Generasi Milenial, Rabu (30/10/2019) di Aula Adikarta kompleks Pemkab Kulon Progo. 

Ia berharap kaum milenial mengetahui dan memahami langkah pencegahan gangguan kesehatan jiwa.

Pemeliharaan kesehatan jiwa bisa berhasil apabila didukung kerabat terdekat selain juga ada peran serta para pakar di bidang tersebut dan campur tangan aktif pemerintah. 

Hal senada juga diungkapkan dosen dan psikolog UGM, Tri Hayuning Tyas.

Menurutnya, kaum milenial memiliki karakter dinamis dan ingin serba cepat karena memiliki pencarian informasi super cepat seiring adanya internet.

Media sosial tentu saja berpengaruh besar pada hidup mereka karena ada keinginan besar untuk berbagi informasi di dalamnya. 

Buku Jiwa Sehat Negara Kuat Soroti Kasus-kasus Kesehatan Jiwa

Halaman
12
Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved