Gunungkidul

Pilkada 2020 : Calon Independen di Gunungkidul Harus Siapkan Dukungan Minimal 45 Ribu KTP

Calon harus mengumpulkan dukungan sebanyak 7,5% dari DPT Pemilu berakhir, sedangkan jumlah DPT pemilu terakhir di Gunungkidul sebanyak 605.894.

Pilkada 2020 : Calon Independen di Gunungkidul Harus Siapkan Dukungan Minimal 45 Ribu KTP
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pilkada 2020 mendatang di Kabupaten Gunungkidul tidak menutup kemungkinan bagi calon yang akan bertarung melalui jalur independen.

Namun untuk bisa ikut berkompetisi dalam Pilkada melalui jalur independen, pasangan calon dan bupati dan wakilnya harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Komisioner KPU Kabupaten Gunungkidul, Rohmad Qomarudin mengatakan, syarat tersebut adalah calon yang datang dari jalur independen harus mengumpulkan sebanyak 45.443 dukungan berupa KTP elektronik.

"Jumlah dukungan tersebut harus ada bukti yaitu minimal harus tersebar di 10 kecamatan di Gunungkidul," katanya akhir pekan lalu.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Menurutnya, jumlah ini muncul berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan umum terakhir.

Hal tersebut mengacu pada peraturan Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 2096/PL.02.4-SD/01/KPU/X/2019 tentang Pedoman Jumlah Pemilih dalam DPT dan sebarannya yang Menjadi Syarat Batas Minimum Pasangan Perseorangan.

Di dalam aturan dijelaskan, calon harus mengumpulkan dukungan sebanyak 7,5% dari DPT Pemilu berakhir, sedangkan jumlah DPT pemilu terakhir di Gunungkidul sebanyak 605.894.

“Setelah dihitung, maka calon perseorangan harus mengumpulkan dukungan sebanyak 45.443 KTP,” kata Rohmad.

Ia menambahkan dukungan tidak hanya berupa fotokopi KTP tetapi juga harus dilengkapi dengan surat pernyataan dari yang bersangkutan.

Dishub Gunungkidul Targetkan Pasang 141 PJU Akhir Tahun Ini

"Calon perseorangan juga harus memenuhi syarat pesebaran dukungan, yakni di atas 50% kecamatan di Gunungkidul. Jadi untuk persebaran dukungan minimal harus berada di sepuluh kecamatan,” jelasnya.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, untuk penyerahan syarat dukungan akan dilaksanakan mulai 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020.

Hani mengatakan, hingga Bulan Oktober ini sudah ada dua calon yang menanyakan terkait dengan syarat untuk maju berkompetisi pada Pilakda 2020.

Namun dirinya masih belum mau membeberkan siapa yang berminat maju dari jalur independen tersebut.

“Keduanya masih belum pasti apakah benar-benar akan maju atau tidak, masih sebatas tanya-tanya saja. Keseriusannya bisa dilihat dari nanti saat penyerahan berkas dukungannya," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved