Parenting

Rutin Minum Susu Saat Hamil Bisa Turukan Risiko Bayi Terkena Multiple Sclerosis

Ibu hamil jarang minum susu dan makanan bervitamin D, ternyata dapat meningkatkan resiko melahirkan bayi terkena penyakit multiple sclerosis (MS).

Rutin Minum Susu Saat Hamil Bisa Turukan Risiko Bayi Terkena Multiple Sclerosis
parenting.firstcry.com
Ilustrasi ibu hamil minum susu 

Rutin Minum Susu Saat Hamil Bisa Turukan Risiko Bayi Terkena Multiple Sclerosis

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Dwi Latifatul Fajri

TRIBUNJOGJA.COM - Ibu hamil yang jarang minum susu dan makanan mengandung vitamin D, ternyata dapat meningkatkan risiko melahirkan bayi terkena penyakit multiple sclerosis (MS).

Dikutip dari Mayo Clinic, multiple sclerosis adalah penyakiy yang berpotensi melumpuhkan otak dan sumsum tulang belakang (sistem saraf pusat).

Sistem kekebalan tubuh menyerang selubung pelindung (myelin) yang menutupi serat saraf dan menyebabkan masalah komunikasi antara otak dan seluruh tubuh.

Akhirnya, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan permanen atau kerusakan saraf.

Dampaknya, sistem kekebalan tubuh penderita yang menyerang mielin atau lapisan lemak dapat memenyebabkan kecacatan saraf berupa kebutaan, kelumpuhan anggota gerak dan kemampuan bicara.

Menurut penelitian di Harvard School of Public Health Amerika Serikat, dikutip dari Grid Health, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan protein dan minum susu.

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan bayi yang lahir dari ibu hamil yang rutin minum susu dan mengkonsumsi vitamin D, lebih rendah risikonya terkena multiple sclerosis.

Penemuan tersebut diperoleh dari data 35.794 responden. Data tersebut terdiri dari perawat yang memberi informasi tentang pola makan selama masa kehamilan.

Selain itu, selama 16 tahun pakar kesehatan terus memantau dan menghasilkan sebanyak 199 responden menderita penyakit multiple sclerosis.

Ibu hamil yang rutin minum empat gelas susu perhari, mengonsumsi protein dan vitamin D cukup dapat menekan penyakit multiple sclerosis pada anaknya.

(Tribunjogja.com | Dwi Latifatul Fajri)

Penulis: Dwi Latifatul Fajri
Editor: Rina Eviana
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved