Daftar Rekomendasi Destinasi Wisata Seni dan Budaya, Melihat Sejarah Yogyakarta di Masa Lampau

Yogyakarta memang tak bisa lepas dari kebudayaan. Anda pasti akan menemukan kepingan-kepingan budaya di sejumlah tempat wisata.

Daftar Rekomendasi Destinasi Wisata Seni dan Budaya, Melihat Sejarah Yogyakarta di Masa Lampau
instagram.com/ullensentalu
Museum Ullen Sentalu 

TRIBUNJOGJA.COM - Yogyakarta memang tak bisa lepas dari kebudayaan. Anda pasti akan menemukan kepingan-kepingan budaya di sejumlah tempat wisata. Penasaran dengan budaya di Yogyakarta? Anda bisa mengunjungi tempat yang sudah Tribunjogja.com rangkumkan. Berikut listnya:

1. Taman Sari

Wisata Taman Sari
Wisata Taman Sari (travel.tribunnews.com)

Taman Sari merupakan situs bekas taman atau kebun istan Keraton Ngayoyakarta Hadiningrat. Kebun yang dibangun pada kepemimpinan Sultan Hamengku Buwono I (1758-1765) ini memiliki sebutan ‘The Fragrant Garden’. 

Akses ke tempat ini sangat mudah karena dekat dengan Kraton dan cukup menempuh waktu kurang lebih 15 menit dari alun-alun utara. Tak perlu merogoh kocek banyak, Taman sari tergolong tempat wisata yang dapat dijangkau. 

Luas Taman Sari tersebut lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan. Antara lain, gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air sera danau buatan hingga lorong bawah tanah.

Di depan pintu Taman Sari nantinya pengunjung akan dijumpai dengan para pemandu wisata. Jika ingin menggunakan pemandu wisata, Anda tak perlu khawatir biasanya para pemandu tak mematok biaya. Akan tetapi, menurut kebiasaan wisatawan memberikan jasa sekitar Rp 25000. 

Lokasi ini terletak di Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk biaya masuk Anda akan dipatok harga Rp6000-Rp 12000. Jika Anda membawa kamera akan dikenakan biaya tambahan Rp2000. 

3 Destinasi Curug Gratis di Yogyakarta, Alternatif Wisata Alam Penuh Gemericik Air

2. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat 

Pameran Sekaten yang digelar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Bangsal Pagelaran, Senin (27/11/2017).
Pameran Sekaten yang digelar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Bangsal Pagelaran, Senin (27/11/2017). (Tribun Jogja/ Noristera Pawestri)

Kraton Ngayogyajarta hadiningrat atau Kraton Yogyakarta merupakan tempat tinggal Sultan dan keluarganya yang masih menjalankan tradisinya hingga saat ini. Kerajaan ini dibangun pada abad ke-18. Kesultanan resmi menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950. 

Kraton yang kini juga merupakan salah satu objek wisata di Yogyakarta. Kompleks Kraton merupakan msueum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari kerajaan-kerajaan Eropa, replika pusat Kraton serta gamelan.

Halaman
123
Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: mon
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved