Tim Akreditasi Lakukan Penilaian pada Dua Puskesmas di Kota Magelang

Tim disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono, beserta para tenaga kesehatan puskesmas

Tim Akreditasi Lakukan Penilaian pada Dua Puskesmas di Kota Magelang
dok.humas Pemkot Magelang
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono, beserta para tenaga kesehatan puskesmas, menyambut kedatangan tim surveyor akreditasi, di Hotel Puri Asri, Rabu (23/10/2019) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Tim Surveyor Akreditasi melakukan penilaian terhadap dua Puskesmas di Kota Magelang, yakni puskesmas Magelang Tengah dan Magelang Selatan.

Tim disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono, beserta para tenaga kesehatan puskesmas, di Hotel Puri Asri, Rabu (23/10/2019) malam.

Ketua Tim Surveyor Akreditasi, Didik Rijadi, menjelaskan akreditasi adalah satu tahap penilaian untuk mengetehaui apakah puskesmas sudah bekerja sesuai standar, meninngkatkan mutu dan kinerja.

"Jadi apakah puskesmas sudah sesuai standar. Standar itu bisa pedoman, keputusan kepala puskesmas, bisa indikator-indikator lain. Kalau sudah kerja sesuai standar itu makan bisa dikatakan bermutu," jelas Didik.

Menurutnya tugas tim surveyor akreditasi adalah memotret bagaimana kinerja puskesmas dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Sementara hasil atau penentuan apakah puskesmas tersebut lolos atau tidak adalah kewenangan komisi.

"Akreditasi ini menjadi penting, kalau dulu tahun 80-90an kita bicara akses, kalau sekarang mutu, karena kita sudah ada tenaga dan alat. Termasuk bagaimana keselamatan pasien dan petugas kesehatan," imbuhnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono, menyambut baik kedatangan tim akreditasi yang melakukan penilaian terhadap puskesmas di Kota Magelang.

Joko berujar bahwa akreditasi ini penting agar kualitas pelayanan kesehatan terjaga, mampu diintegrasikan dan dibudayakan.

"Sebagai lini terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat, puskesmas diharapkan terus berkomitmen meningaktkan kapabilitas, kepercayaan dan kepuasan masyarakat," tutur Joko.

Berbagai upaya telah diupayakan, antara lain dengan pengembangan sistem manajemen mutu, upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan, baik dalam pelayanan klinis, manajemen dan penyelenggaraan kesehatan lainnya.

"Kami mendukung adanya akreditasi puskesmas di Kota Magelang. Harapan kami predikat utama atau paripurna bisa diraih," harap Joko. (humaspemkotmagelang).

Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved