Yogyakarta

Klinik Pratama PMI DIY Kini Melayani Vaksinasi Meningitis dan Yellow Fever

Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) melalui Klinik Pratama PMI DIY akan menerima sertifikat vaksin internasional dari Kantor K

Klinik Pratama PMI DIY Kini Melayani Vaksinasi Meningitis dan Yellow Fever
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) melalui Klinik Pratama PMI DIY akan menerima sertifikat vaksin internasional dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Yogyakarta pada Jumat 25 Oktober 2019.

Sertifikat diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Yogyakarta Agus Syah Fiqhi Haerullah kepada Ketua PMI DIY GBPH H. Prabukusumo di Markas PMI DIY, Gamping Sleman.

Sari Murnani Kepala Klinik Pratama PMI DIY menjelaskan, setelah penerbitan sertifikat vaksinasi internasional ini, Klinik Pratama PMI DIY secara resmi dan sah dapat melayani vaksinasi meningitis dan yellow fever.

"Vaksinasi ini diperlukan untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri seperti jamaah haji serta umrah, juga untuk traveller dari mancanegara yang berkunjung ke Indonesia," jelasnya.

Pastikan Seluruh Siswa Kelas 1 dan V Dapat Vaksinasi Campak dan TD, Dinkes Kota Yogya Gelar Sweeping

Dengan demikian, Klinik Pratama PMI DIY juga secara resmi dan sah dapat menerbitkan international certificate of vaccination (ICV).

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan pasal 2 ayat 1 Permenkes RI Nomor 23 Tahun 2018, vaksiniasi ini diperlukan bagi jemaah yang akan melakukan perjalanan umrah, haji atau setiap orang yang akan melakukan perjalanan internasional baik dari dan ke negara terjangkit endemis penyakit menular tertentu.

Atau atas permintaan negara tujuan yang mewajibkan diberikan vaksinasi tertentu.

Sari menjabarkan bahwa masyarakat, travel agent, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang membutuhkan pelayanan vaksinasi dapat menghubungi Klinik Pratama PMI DIY melalui nomor telepon 02746499649.

"Kami juga melayani vaksin DPT, Polio, HIB, influenza, pneumonia, HPV, Hepatitis A, Hepatitis B, vaksin measles, mumps dan rubella (MMR), tifoid, japanese encephalitis. Vaksinasi kami layani setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB," imbuhnya.

Klinik Pratama Sembada Bersinar Sleman Layani Pasien Napza Tanpa Biaya

Sementara itu Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo mengungkapkan terima kasihnya kepada KKP yang telah bekerja sama dengan PMI DIY dengan menerbitkan izin sertifikat vaksinasi internasional.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mayarakat Yogyakarta yang telah menyalurkan donasinya melalui PMI DIY untuk masyarakat Sulawesi Tengah yang terdampak bencana gempa, tsunami dan likuefaksi pada 28 September 2018 lalu.

"Setelah kita distribusikan 300 paket perlengkapan sekolah pada November 2018 yang lalu, PMI DIY juga telah menyalurkan bantuan tahap kedua pada Oktober 2019 ini. Distribusi bantuan difokuskan pada wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah," ungkap Gusti Prabu.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved