Khasiat Daun Kemangi yang Tak Hanya Nikmat untuk Lalapan, Bisa Obati Pilek Hingga Keputihan

Daun kemangi tak hanya nikmat untuk dijadikan lalapan, tapi juga berkhasit untuk mengobati sejumlah gangguan kesehatan semisal pilek dan keputihan

Editor: Mona Kriesdinar
manfaatnyasehat.com
Daun kemangi atau surawung 

TRIBUNJOGJA.COM - Apakah Anda salah satu yang hobi mengonsumsi daun kemangi? Selain nikmat untuk dijadikan lalapan, Daun Kemangi alias Surawung ini juga ternyata memiliki khasiat kesehatan lho. Bisa mengobati pilek hingga untuk obat keputihan.

Kemangi adalah tumbuhan yang biasa tumbuh ketika musim hujan mulai berlangsung.

Tumbuhan ini memiliki pohon berukuran kecil menyerupai rumput. Tubuhnya dibalut oleh bulu halus yang aman untuk disentuh.

Diolah dari berbagai sumber, tanaman ini bisa ditanam di kebun-kebun, di halaman rumah, di pinggir-pinggir jalan, di lapangan, dan di huma-huma.

Umumnya tanaman ini ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan.

Adapun dataran yang tepat untuk tanaman ini adalah di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan biji.

Didalam bunga kemangi, terdapat biji yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengganti biji selasih.

Daun tumbuhan kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas.

Rasa dan aroma tersebut kemudian membuat daun ini banyak digunakan sebagai lalap makan bersama penyet ikan.

Juga kerap menjadi penambah aroma untuk makanan loket dan karedok.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Selain segar saat dikonsumsi, ternyata daun kemangi seperti dikutip Tribunjabar.co.id dari manfaatnyasehat.com, juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Apa saja manfaat tersebut? berikut akan saya jelaskan mengenai detailnya.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah sebagai obat penjaga kesehatan mata. Daun kemangi mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. Cara mengkonsumsinya adalah dalam bentuk minuman atau dapat juga dimakan mentah bersama nasi. Meskipun vitamin A yang terkandung dalam daun kemangi tidak sebanyak vitamin A dalam wortel, namun jumlah tersebut masih cukup untuk menjaga kesehatan mata.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved