Sport

Pekan Olahraga Tradisional 2019 Bergulir di Bantul

Menariknya, Helmi mengungkapkan, sesuai rencana, Menpora RI, Zainudin Amali, bakal membuka langsung Pekan Olahraga Tradisional.

Pekan Olahraga Tradisional 2019 Bergulir di Bantul
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Sekda Bantul, Helmi Jamharis 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kabupaten Bantul didapuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Tradisional, yang bergulir di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, 26-27 Oktober mendatang.

Setidaknya, terdapat lima cabor yang bakal dipertandingkan dalam event tersebut.

Kelima cabor itu yakni, hadang, atau gobag sodor, lalu dagongan, egrang, sumpitan, serta terompah panjang, atau balap bakiah.

Sejauh ini, 24 provinsi dari seluruh penjuru tanah air, telah memastikan keikutsertaan dalam kompetisi tingkat nasional tersebut.

Lomba Olahraga Tradisonal di Parangkusumo Bantul, Ajak Para Siswa Mencintai Tradisi Indonesia

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis pun menyambut baik kepercayaan yang dari Kemenpora RI tersebut.

Menurutnya, ajang tersebut selaras dengan apa yang diupayakan pihaknya, dalam melestarikan budaya, serta peninggalan nenek moyang.

"Gelaran semacam ini kan sekaligus menjadi langkah untuk melestarikan olahraga tradisional, yang selama ini sudah semakin ditinggalkan oleh generasi muda," ucapnya, dalam sesi jumpa pers, di Kantor Pemda Bantul, Rabu (23/10/19) sore.

Melalui Pekan Olahraga Tradisional ini, lanjut Helmi, nama Bantul bakal semakin dikenal di tingkat nasional. Di samping itu, keuntungan lain yang didapat sebagai tuan rumah adalah di sektor ekonomi, dimana event tersebut akan menghadirkan banyak orang.

Benar saja, ia pun menjelaskan, dari peserta, setiap tim minimal diperkuat oleh 20 atlet.

Bahkan, dua hotel berbintang yang menjadi prioritas bagi para kontestan, saat ini sudah penuh terbooking. Ditambah lagi, kuliner dan pariwisata turut terjual lewat gelaran ini.

Ratusan Pelajar di Bantul Ramaikan Lomba Olahraga Tradisonal di Lapangan Parangkusumo

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved