Yogyakarta

Tingkatkan Spending hingga Length of Stay Wisatawan, Dinas Pariwisata DIY Garap Storynomic

Storynomic ini merupakan gabungan kata dari story dan economic,dilakukan dengan penceritaan budaya lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Tingkatkan Spending hingga Length of Stay Wisatawan, Dinas Pariwisata DIY Garap Storynomic
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY Aria Nugrahadi mengatakan, storynomic dilakukan dengan penceritaan budaya lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, Senin (21/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Provinsi DIY melalui Dinas Pariwisata DIY mulai menggarap storynomic untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta length of stay dan spending wisatawan yang berkunjung ke DIY.

Storynomic ini merupakan gabungan kata dari story dan economic.

Harapannya dengan melalui cerita dapat menjadi solusi permasalahan ekonomi.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY, Aria Nugrahadi mengatakan, storynomic dilakukan dengan penceritaan budaya lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

11 Rekomendasi Restoran Jepang di Kota Yogyakarta yang Perlu Kamu Tahu

Sumbu filosofi menjadi objek pertama yang akan diwujudkan akhir tahun ini.

"Yang tadinya wisatawan hanya menikmati Malioboro, duduk, foto, selfie, ketika dikenalkan Malioboro adalah bagian dari sumbu filosofi, bagian dari bagaimana manusia itu berkembang dari kecil sampai nanti dewasa dan meninggal. Itu satu hal yang menjadi pengalaman, tidak hanya visual saja tapi juga punya pengalaman nilai budaya yang bisa dibawa pulang," paparnya seusai memberi paparan dalam kegiatan Capacity Building Wartawan Ekonomi DIY yang digelar oleh Bank Indonesia, Senin (21/10/2019) di Magelang.

Menurutnya, pengalaman yang melibatkan momen dan tak hanya sekadar visual dapat menjadi kekuatan untuk meningkatkan kunjungan hingga length of stay wisatawan.

Terlebih jika pengalaman tersebut dibawa hingga daerah asal wisatawan akan berpotensi menularkan cerita pengalaman tersebut di daerahnya.

Pengembangan Pariwisata Gunungkidul Membutuhkan Kerjasama antar OPD

"Kalau wisatawan mampu mengapresiasi budaya yang ada melalui storynomic, harapannya length of stay, spending, experience nambah, strategi ke depan seperti itu. Karena kalau kunjungan saja, target kita sudah tercapai," jelasnya.

Perencanaan storynomic sumbu filosofi ditargetkan akhir tahun ini selesai.

Halaman
12
Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved