Yogyakarta

Sepekan Terakhir, Yogyakarta Alami 10-15 Gempa Kecil

Sepekan terakhir, berdasarkan statistik kegempaan Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta, DIY mengalami gempa kecil sebanyak 10-15 kali.

Sepekan Terakhir, Yogyakarta Alami 10-15 Gempa Kecil
IST
Ilustrasi Gempa 

TRIBUNJOGJA.COM - Sepekan terakhir, berdasarkan statistik kegempaan Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta, DIY mengalami gempa kecil sebanyak 10-15 kali.

Gempa kecil tersebut diantaranya terjadi di Bantul dengan magnitudo 2,8 SR pada 14 Oktober 2019 pukul 16.31.56 WIB.

Di hari yang sama, di Bantul mengalami kegempaan kecil magnitudo 2,3 SR pada pukul 20.08.46 WIB.

11 Rekomendasi Restoran Jepang di Kota Yogyakarta yang Perlu Kamu Tahu

Kemudian, di tanggal 20 Oktober 2019, gempa magnitudo 3,4 SR terjadi di Gunungkidul pada pukul 05.16.55 WIB, dan pada pukul 07.36.28 WIB gempa kembali terjadi di Gunungkidul dengan magnitudo 2,1 SR.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta, Agus Riyanto menerangkan, kegempaan kecil di DIY terjadi akibat adanya sesar lokal maupun aktivitas subduksi selatan Jawa memungkinkan terjadinya pelepasan energi sewaktu-waktu (gempa).

Menurutnya, kondisi gempa kecil-kecil tersebut justru lebih baik karena mengurangi potensi gempa yang lebih besar.

ACT Kirimkan Bantuan Logistik ke Tiga Titik terdampak Parah Gempa Maluku

"Justru lebih baik jika ada gempa-gempa kecil karena mengurangi potensi untuk terjadi gempa yang besar. Tinggal kita menyikapinya dengan hidup harmonis dengan lingkungan yang rawan bencana," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com pada Senin (21/10/2019).

Agus menjelaskan, kegempaan kecil-kecil tersebut mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan, bahwa wilayah DIY terbukti rawan gempa dan memiliki potensi tsunami.

"Untuk itu, literasi mitigasi dalam upaya pengurangan risiko bencana harus mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah DIY melalui peran stakeholder BPBD melakukan sosialisasi kepada masyarakat," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved