Hari Santri, Pemprov Jateng Resmikan Toko Santri Gayeng

Upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberdayakan ekonomi pesantren (ekotren) terus digenjot.

Hari Santri, Pemprov Jateng Resmikan Toko Santri Gayeng
Istimewa
Sebanyak 10 Tosaga diluncurkan bertepatan pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen di Ponpes Al Qur'an, Desa Narukan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Senin (21/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, REMBANG - Upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberdayakan ekonomi pesantren (ekotren) terus digenjot.

Salah satunya dengan meluncurkan Toko Santri Gayeng (Tosaga) sebagai wadah bagi santri dan masyarakat sekitar pondok pesantren berwirausaha.

Sebanyak 10 Tosaga diluncurkan bertepatan pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen di Ponpes Al Qur'an, Desa Narukan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Senin (21/10/2019).

Ke depan, pihaknya menargetkan program tersebut terus berkembang di seluruh pesantren yang ada di Jawa Tengah.

Hari Santri, Santri Dituntut Tak Hanya Kuasai Ilmu Agama

"Ada 10 unit Tosaga yang kami resmikan secara simbolis kali ini. 10 unit Tosaga ini tersebar di beberapa daerah seperti Kabupaten Rembang, Pati, Demak, Semarang, dan Temanggung," kata dia.

Lebih lanjut Wakil Gubernur yang akrab disapa Gus Yasin ini menambahkan, di Jawa Tengah setidaknya ada 4.759 pesantren dengan 115 ribu lebih santri.

Di antara pesantren-pesantren itu, terdapat sejumlah produk UKM yang berkualitas bagus.

"Banyak UKM yang berkembang di pondok pesantren. Jika 50 persen dari jumlah pesantren itu memiliki usaha, kreasi, dan inovasi, maka ekotren yang kita cita-citakan itu akan tumbuh pesat," terangnya.

Munculnya Tosaga ini diharapkan bisa menjadi wadah pemasaran produk-produk pesantren dan UKM sehingga ekotren terus tumbuh.

Ke depan, pihaknya berharap Tosaga bisa bersaing dengan toko ritel yang ada.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved