Organisasi Kopi Bantul, Dari Kopi Untuk Misi Kemanusiaan

Dari kopi untuk misi kemanusiaan, begitulah semangat yang terus digelorakan oleh Organisasi Kopi Bantul.

Organisasi Kopi Bantul, Dari Kopi Untuk Misi Kemanusiaan
Tribun Jogja/Siti Umaiyah
Organisasi Kopi Bantul saat mengikuti kegiatan CFD di Penggal Jalan Sudirman pada Minggu (20/10/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Dari kopi untuk misi kemanusiaan, begitulah semangat yang terus digelorakan oleh Organisasi Kopi Bantul.

Organisasi yang berisikan Pelaku Kopi, Penikmat Kopi, Pecinta Kopi maupun masyarakat luas ini berdiri diawali dari suatu kegiatan amal di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta beberapa saat lalu.

Meskipun terhitung baru berdiri pada 12 Agustus 2018, setidaknya organisasi ini sudah beberapa kali melakukan kegiatan amal untuk membantu daerah-daerah yang sedang dilanda bencana, seperti bencana di Lombok, kekeringan di Wonosari, tsunami di Palu maupun gempa di Banten.

Abdullah Rifki, Ketua Organisasi Kopi Bantul menerangkan saat ini sudah ada sekitar 28 Kedai Kopi di daerah Bantul yang bergabung dalam komunitas ini.

Tujuan utama dibentuknya organisasi ini sendiri bukan hanya sebagai sarana berkumpul, namun juga memberikan manfaat bagi sesama.

Kemeriahan Jogja Kreatif#71 Edisi Anniversary of Jogja

"Kita terdiri dari Pemilik Kedai, Supplayer Peralatan Kopi, Pecinta Kopi maupun unit-unit usaha lain yang juga tergabung. Awalnya kita bertemu dalam kegiatan amal, dan dari sana pula kita terbentuk dan memiliki misi untuk terus melakukan kegiatan amal," ungkapnya.

Rifki menjelaskan, di Bantul sendiri banyak berdiri kedai-kedai kopi. Mulai dari di Jalan Bantul, Jalan Pleret, Tembi sampai dengan Pantai Samas.

Menurutnya, banyak juga para penyeduh kopi profesional yang tergabung dalam organisasi ini.

"Kedai Kopi di Bantul itu menyebar, tidak hanya fokus di satu titik. Dari segi rasa, harga kita tidak kalah dengan yang lain. Banyak juga profesional penyeduh kopi yang tergabung dalam komunitas kita," katanya. (Tribunjogja I Siti Umaiyah)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved