Breaking News:

Detik-detik Aries Susanti Rahayu Pecah Rekor Dunia, Panjat Tebing Cuma Butuh Waktu 6,9 Detik

Aries Susanti Rahayu kembali mencetak prestasi sebagai atlet panjat tebing Indonesia. Dia berhasil mengalahkan Yi Ling Song dari China

Penulis: Dwi Latifatul Fajri | Editor: Iwan Al Khasni
Kolase: Dok Tribunjogja.com | Bramasto Adhy | Hasan Sakri | IST
Aries Susanti 

Aries Susanti Rahayu kembali mencetak prestasi sebagai atlet panjat tebing Indonesia. Dia berhasil mengalahkan Yi Ling Song dari China dalam ajang perlombaan IFSC Climbing World Cup pada Sabtu (19/10/2019) di Xianmen, China.

Aries Susanti Rahayu
Aries Susanti Rahayu (Tribun Jogja/ Bramasto Adhy)

Aries juga mendapatkan rekor dunia sebagai pemanjat tercepat dengan rekor 6.995 detik. Aries menjadi perempuan pertama dalam sejarah yang berasil memecahkan rekor dibawah 7 detik.

Dikutip dari The Jakarta Post, Yi Ling Song berada di peringkat kedua dengan kecepatan 9.302 detik. Sebelumnya Yi mendapat rekor 7.101 di IFSC Climbing World Cup Chongqing bulan April lalu.

Sementara itu atlet panjat tebing dari Rusia, Maria Krasavina mendapatkan peringkat ketiga dengan 7.947 detik.

Aries memberikan komentar selama ini dia tak percaya dapat memecahkan rekor dunia, tetapi menjadi profesional atlit sudah menjadi mimpinya sejak dulu.

"Saya sangat berterima kasih atas pencapaian ini dan juga atas dukungan tanpa henti," kata Aries kepada The Jakarta Post.

Dikutip dari Kompas.com, sejak SD Aries sudah menekuni cabang olahraga lari. Lalu dia diperkenalkan cabang olahraga panjat tebing oleh guru olahraganya. Aries menjadi atlet panjat tebing termuda di Grobogan saat usianya menginjak 14 tahun.

Aries pernah tampil di PON Riau, namun terhenti di babak delapan besar. Saat mengikuti PON 2016, Aries mendapatkan emas bersama timnya.

Aris mengikuti lomba panjat tebing pertama di Iran pada September 2017. Saat itu Aries mendapatkan perunggu dan dikalahkan oleh Song Yiling pada babak semifinal.(Tribunjogja.com | Dwi Latifatul Fajri)

Aries Susanti saat mengikuti pelatnas panjat tebing di arena panjat tebing Stadion Mandala Krida, kota Yogyakarta, Senin (12/3/2018).
Aries Susanti saat mengikuti pelatnas panjat tebing di arena panjat tebing Stadion Mandala Krida, kota Yogyakarta, Senin (12/3/2018). (TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri)

Kegigihan atlet panjat tebing Aries Susanti Rahayu untuk meraih medali emas dalam ajang Asian Games 2018 diangkat ke layar lebar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved