Bantul

Peringatan HUT Ke-96, Desa Sabdodadi Bakal Gelar Budaya Kenduri Ageng

Sebagai ungkapan syukur sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-96, Desa Sabdodadi Bantul berencana menggelar Budaya Kenduri Ageng.

Peringatan HUT Ke-96, Desa Sabdodadi Bakal Gelar Budaya Kenduri Ageng
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Lurah Desa Sabdodadi Siti Fatimah bersama jajarannya, saat rapat koordinasi mempersiapkan gelar Kenduri Ageng di Desa Sabdodadi. Gelaran ini rencananya akan digelar Minggu 20 Oktober mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL -- Sebagai ungkapan syukur sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-96, Desa Sabdodadi Bantul berencana menggelar Budaya Kenduri Ageng.

Upacara adat tradisi tahunan itu rencananya akan diselenggarakan pada Minggu, 20 Oktober 2019 mendatang.

Lurah Desa Sabdodadi, Siti Fatimah mengatakan, pagelaran Kenduri Ageng di Padukuhan Dukuh itu merupakan upaya untuk menjaga serta melestarikan warisan seni dan budaya lokal.

Tahun ini rencananya, akan diselenggarakan cukup meriah. Melibatkan sejumlah pelaku seni dan budaya.

Pasalnya, sejak tahun 1994, menurut dia, Sabdodadi telah dinobatkan sebagai desa rintisan budaya. Dalam perkembangannya, ternyata terus mengalami kemajuan.

"Saat ini Sabdodadi sudah menjadi Desa Mandiri Budaya. Sekaligus sebagai desa wisata. Sebab itu, sudah menjadi kewajiban kami untuk menjaga potensi budaya dan wisata itu," terangnya, Jumat (18/10/2019)

Titik kumpul Pagelaran Kenduri Ageng, sesuai rencana, akan dimulai pukul 12.30 WIB bertempat di lapangan Desa Sabdodadi.

Pasukan bregada beserta rombongan sholawat dan pembawa Jodhang kemudian akan berjalan menuju pendopo Serangan Umum 1 Maret di Kampung Keyongan Kidul.

Selanjutnya, seusai prosesi laporan, lalu dilanjutkan upacara adat tahlilan dan ditutup dengan doa bersama.

Jodhang berisi nasi gurih dan nasi jowo lengkap dengan lauk pauk yang sebelumnya telah diarak bersama bregada kemudian dibagikan kepada masyarakat.

Kronologi Lengkap Penemuan Tas Mencurigakan di Lahan Kosong di Pajangan Bantul

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved