Peneliti Temukan Kota Kuno Peninggalan Kekaisaran Khmer yang Hilang di Tengah Hutan

Peneliti telah menemukan kota kuno peninggalan Kekaisaran Khmer, Mahendraparvata atau yang biasa disebut sebagai "kota Kamboja yang hilang"

Peneliti Temukan Kota Kuno Peninggalan Kekaisaran Khmer yang Hilang di Tengah Hutan
IST Technoob
Bagian wilayah Angkor yang menjadi ibu kota baru Kekaisaran Khmer, setelah Mahendraparvata yang menjadi ibu kota Khmer kuno 

TRIBUNJOGJA.COM - Peneliti telah menemukan kota kuno peninggalan Kekaisaran Khmer yang tersembunyi selama beberapa abad di hutan Kamboja.

Mahendraparvata atau yang biasa disebut sebagai "kota Kamboja yang hilang", dulunya merupakan ibu kota Kekaisaran Khmer, rezim Hindu-Budda di Asia Tenggara yang berkuasa dari abad ke-9 hingga 15 Masehi.

Para arkeolog dan sejarawan sebenarnya sudah mengetahui tentang Mahendraparvata selama beberapa dekade. Namun, mereka sulit menemukan bukti keberadaannya.

Gunakan Lidar Scan

Dalam sebuah studi terbaru–yang didapatkan dari hasil penelitian jangka panjang dan ambisius–sekelompok tim peneliti menyatakan bahwa mereka telah mengidentifikasi penemuan ibu kota kuno ini berkat pemindaian laser udara (Lidar)..

Didukung dengan survei di daratan, peneliti memetakan jaringan perkotaan luas yang diyakini sudah ada sejak abad ke-9, membentang dari dataran tinggi Phnom Kulen hingga timur laut kota Angkor, wilayah ibu kota Kekaisaran Khmer yang tercatat dalam sejarah.

"Wilayah pegunungan di Phnom Kulen saat ini masih sedikit mendapat perhatian. Ia bahkan hampir hilang dari peta arkeologi, kecuali beberapa sebaran poin yang menunjukkan sisa-sisa kuil bata," papar Jean-Baptiste Chevance, pemimpin penelitian.

Jean-Baptiste Chevance, pemimpin penelitian
Jean-Baptiste Chevance, pemimpin penelitian (IST/phnompenhpost)

Kota yang Canggih

Penelitian tentang kota kuno peninggalan Kekaisaran Khmer ini mulai dilakukan pada 2012 dan berlangsung hingga 2017.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved