Pendidikan

Dukung Riset, Fakultas Peternakan UGM Bangun Animal Science Learning Center

Gedung dilengkapi dengan fasilitas ruang diskusi, ruang diseminasi hasil penelitian, ruang referensi, ruang kerja bersama, serta laboratorium terpadu.

Dukung Riset, Fakultas Peternakan UGM Bangun Animal Science Learning Center
istimewa
Peletakan batu pertama pembangunan ASLC pada Jumat (18/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk mendukung kegiatan riset dosen, peneliti, dan mahasiswa, Program Pascasarjana, Fakultas Peternakan UGM membangun gedung Animal Science Learning Center (ASLC).

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Ali Agus menerangkan, nantinya gedung ini akan dilengkapi dengan fasilitas ruang diskusi, ruang diseminasi hasil penelitian, ruang referensi, ruang kerja bersama, serta laboratorium terpadu.

Untuk laboratorium terpadu sendiri, dialokasikan sebagai laboratorium yang dapat digunakan mahasiswa pascasarjana, dosen dan peneliti di Fakultas Peternakan.

"Gedung ASLC akan memiliki 5 lantai dan 1 semi-basement yang dilengkapi dengan peralatan spesifik pendukung pengembangan Ilmu Peternakan," terangnya pada Jumat (18/10/2019).

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Ali menjelaskan, pembangunan gedung ini sebenarnya sudah direncanakan sejak 12 tahun silam.

Untuk luas bangunan direncanakan seluas 6105,04 meter persegi.

Dia berharap, nantinya gedung ini dapat mendukung pencapaian target Fakultas Peternakan dalam meningkatkan jumlah mahasiswa dan kualitas pendidikan Program Pascasarjana.

Selain itu, juga meningkatkan jumlah publikasi internasional di jurnal bereputasi, serta pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian.

“Sebuah kebahagiaan dan kebanggaan akhirnya mimpi lama ini bisa terealisasi dan semoga pembangunannya bisa lancar sesuai jadwal,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Bambang Agus Kironoto menerangkan, ASLC Fakultas Peternakan ini merupakan salah satu dari 10 center di UGM yang dikembangkan melalui kerja sama dengan JICA.

Mahasiswa UGM Tawarkan Konsep Smart City Ibu Kota Baru RI

Menurutnya, pada akhir tahun 2018 lalu, UGM telah memulai pembangunan 10 gedung baru di delapan fakultas dan 1 sekolah dengan dana pinjaman JICA sekitar Rp 1 triliun.

Delapan fakultas dan sekolah yang mendapatkan fasilitas gedung baru tersebut adalah Fakultas Farmasi yang akan membangun Advanced Pharmaceutical Science Learning Center, Fakultas Hukum untuk Law Learning Center, Fakultas Kedokteran Gigi untuk Dentirtry Learning Center, Fakultas Kehutanan untuk Integrated Farming Learning Center, dan Fakultas Pertanian untuk Agriculture Learning Center.

Selain itu, Fakultas Teknik membangun Smart Green Learning Center dan Engineering Research and Innovation Center.

Sementara Sekolah Vokasi membangun Teaching Industry Learning Center serta Field Research Center di Kulon Progo.

"Harapannya gedung ASLC nantinya setelah selesai dibangun bisa segera dimanfaatkan secara optimal dan maksimal sesuai tujuan awal, yaitu untuk diseminasi hasil penelitian dan laboratorium terpadu," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved