Jawa

Bupati Klaten Ajak Lestarikan Wisata Religi Yaa Qawiyyu

Yaa Qawiyyu diperingati setiap pertengahan bulan Sapar atau Safar penanggalan Hijriyah, di Dukuh Jatinom, Kabupaten Klaten.

Bupati Klaten Ajak Lestarikan Wisata Religi Yaa Qawiyyu
Dokumentasi Pemkab Klaten
Bupati Klaten Sri Mulyani menghadiri Kirab Budaya Gunungan Apem dalam rangkaian Yaa-Qawiyyu Jatinom yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Bupati Klaten Sri Mulyani turut bersuka ria menyambut rangkaian tradisi Ya Qawiyyu selalu digelar di Desa Jatinom, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten.

Berbicara pada Haul Kyai Ageng Gribig yang merupakan salah satu rangkaian acara tahunan Yaa Qawiyyu, Sri Mulyani mengajak semua warga masyarakat Kabupaten Klaten untuk selalu melestarikan wisata religi yang ada di Jatinom ini.

"Kita turut melestarikan nilai-nilai budaya yang hidup di masyarakat, semoga rangkaian kegiatan saparan tahun ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif," kata Sri Mulyani. 

Puncak acara Yaa Qawiyyu adalah Jumat (18/10/2019) dimana ada tujuh ton apem Yaa Qawiyyu disebar kepada masyarakat yang hadir dalam acara tersebut yang ingin mendapatkan berkah dari Kyai Ageng Gribig dan ingin mendapatkan usahanya yang lancar serta diberkahi.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Yaa Qawiyyu juga merupakan salah satu cikal bakal penyebaran agama Islam di Klaten yang merupakan bagian perjalanan sebuah peradaban, tradisi tersebut harus dijaga dan dilestarikan sebagai warisan sejarah. 

Yaa Qawiyyu diperingati setiap pertengahan bulan Sapar atau Safar penanggalan Hijriyah, di Dukuh Jatinom, Kabupaten Klaten.

Selain Bupati Klaten, Sekda Kabupaten Klaten, Forkopimda, Wakil Kapolres Kabupaten Klaten, Camat se- Kabupaten Klaten, Muspika Kecamatan Jatinom, Seluruh Kades dan Lurah se- Kecamatan Jatinom, tamu undangan dan peserta kirab budaya Yaa-Qawiyyu. 

Masyarakat luar kota atau masyarakat sekitar berduyun-duyun menyaksikan upacara Yaa Qawiyyu untuk memperebutkan kue apem yang disusun berbentuk gunungan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved