Rahasia 'Kesaktian' Djeni Hingga Gelapkan 62 Mobil Rental dalam 2 Bulan Senilai Rp 2,5 Miliar

Djeni Herilewie (39), mampu meraup uang Rp 2,5 miliar dari hasil penggelapan 62 unit mobil sewaan dalam dua bulan. Modusnya menyewa mobil di rental

Rahasia 'Kesaktian' Djeni Hingga Gelapkan 62 Mobil Rental dalam 2 Bulan Senilai Rp 2,5 Miliar
Tribun Jakarta/Bima Putra
Djeni Herilewie (39) saat dihadirkan dalam ungkap kasus di Mapolrestro Jakarta Timur, Kamis (10/10/2019) 

Djeni Herilewie (39), mampu meraup uang Rp 2,5 miliar dari hasil penggelapan 62 unit mobil sewaan dalam dua bulan. Modusnya, dia menyewa mobil di rental atau perorangan. Bermodalkan foto copy KTPnya, dia mampu menyakinkan pihak rental atau pemilik mobil untuk menyerahkan mobilnya untuk disewa Djeni.

Bagaimana sebenarnya keahlian Djeni sehingga bisa melancarkan aksi jahatnya?

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo di Mapolres Metro Jakarta Timur mengatakan bahwa Djeni kerap kali datang dengan cara bicara sopan ala pekerja kantoran untuk mengurus persyaratan. Salah satunya dengan menyerahkan foto fopy kartu identitas untuk meyakinkan para calon korbannya.

"Korban tidak sadar sedang ditipu," katanya.

Senada, Kanit III Ranmor Polres Metro Jakarta Timur Iptu Wahyudi saat dihubungi Kompas.com, Rabu menjelaskan apa saja rahasia Djeni hingga mampu melancarkan aksi kejahatannya melakukan penggelapan mobil rental.

Menurutnya Djeni mampu mempengaruhi orang Adapun dalam beraksi, Djeni diketahui polisi memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mempengaruhi korbannya agar percaya sama Djeni.

Kemampuan Djeni itu terbukti dengan 62 unit mobil sewaan yang berhasil digelapkan Djeni dalam kurun waktu dua bulan yakni, dari Juli hingga Agustus 2019.

Menurut Wahyudi, saat berhadapan dengan korbannya, Djeni mampu menunjukkan gestur tubuh dan gaya bicara yang baik sehingga korbannya tertipu daya.

"Buat menyakinkan orang bagus dia. Artinya gini hampir setiap orang kenapa begitu banyak orang percaya sama dia, pada saat ketemu, ngobrol entah dengan muka iba atau bagaimana, yang jelas orangnya percaya saja sama dia," ujar Wahyudi.

Setelah mobil berhasil didapat Djeni, dia bayar uang sewa, kemudian dia hilang membawa kabur mobil.

Halaman
123
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved