Nasional

Satu Dasawarsa TKSK, Mensos: Tebarkan Nilai Kesetiakawanan Sosial di Masyarakat

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita berpesan kepada ratusan anggota Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk menebarkan nilai-nilai

Satu Dasawarsa TKSK, Mensos: Tebarkan Nilai Kesetiakawanan Sosial di Masyarakat
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita (berkacamata) saat menerima cinderamata dalam acara perayaan ulang tahun Dasawarsa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Pelataran Candi Prambanan, Rabu (16/10/2019) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita berpesan kepada ratusan anggota Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk menebarkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial kepada masyarakat.

Pesan ini ia sampaikan dalam sambutannya di acara perayaan ulang tahun TKSK yang ke-10 (Dasawarsa) di Pelataran Candi Prambanan, Rabu (16/10/2019) malam.

"Momentum ulang tahun ini, sahabat TKSK harus sepenuhnya digunakan untuk merefleksikan diri sekaligus meningkatkan komitmen kita terhadap implementasi bahkan revitalisasi nilai kesetiakawanan sosial yang ada dalam diri kita masing-masing dan kita harus mampu menumbuhkan rasa semangat kesetiakawanan itu ditengah masyarakat. Prinsipnya adalah kesetiakawanan sosial," jabarnya dalam sambutan.

Ia menjabarkan, hal ini menjadi penting karena prinsip kesetiakawanan inilah yang menjadi modal dasar dalam kehidupan bermasyarakat yang berhasil.

Kesetiakawanan, lanjut Gumiwang, merupakan sebuah kemampuan dimana masyarakat dapat bersimpati dan berempati kepada orang lain.

Peringatan Satu Dasawarsa TKSK Lewat Donor Darah

"Kita ikut merasa layaknya bagian dari mereka (korban sosial) dan kita terikat satu misi dan tujuan, sejarah membuktikan bahwa nilai kesetiakawanan inilah yang menjadi modal utama pahlawan bangsa merebut kemerdekaan waktu itu, tanpa itu niscaya ada kemerdekaan," terangnya.

Tak ketinggalan, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengapresiasi keberhasilan para sahabat TKSK yang telah gigih dan berhasil mendampingi masyarakat menyelesaikan berbagai permasalahan sosial di lingkupnya masing-masing.

"TKSK telah menjadi mitra penting bagi pemerintah baik pusat atau daerah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, sahabat TKSK patut diapresiasi, mengingat keterbatasan yang dimiliki oleh TKSK namun keterbatasan itu tak mengurangi semangat semua sahabat TKSK dalam memberikan sumbangan tenaga dan pikiran ditengah masalah di lapangan yang sangat berat," cetusnya.

Tak ketinggalan, pihaknya juga mengapresiasi kepada sejumlah anggota TKSK serta memberikan piagam penghargaan kepada dua tokoh asal Papua yang ikut meredam kerusuhan yang ada di Papua belum lama ini.

Dalam kesempatan ini Mensos hadir secara langsung didampingi beberapa jajarannya serta Anggota Komisi VIII DPR RI dan perwakilan pemerintah provinsi DIY dan Pengurus TKSK.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved