Yogyakarta

Pentingnya Mediasi Konflik Antara Pasien dan Rumah Sakit

Ketua Umum Persatuan Humas Rumah Sakit Swasta (Perhumass) DIY, Eka Budy Santoso, mengatakan rumah sakit yang bergerak di bidang pelayanan sangat berbe

Pentingnya Mediasi Konflik Antara Pasien dan Rumah Sakit
IST
rapat anggota Perhumas DIY 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebagai bidang yang bergerak di jasa pelayanan, Rumah Sakit dituntut untuk mampu melakukan pelayanan kesehatan dengan baik kepada masyarakat.

Ketua Umum Persatuan Humas Rumah Sakit Swasta (Perhumass) DIY, Eka Budy Santoso, mengatakan rumah sakit yang bergerak di bidang pelayanan sangat berbeda dengan bidang manufaktur.

"Kalau bidang manufaktur, orang komplain karena membeli barang kemudian diganti dengan barang baru maka masalah selesai. Akan tetapi berbeda dengan jasa pelayanan. Kalau pelayanan rumah sakit jelek, maka akan diingat oleh tujuh keturunan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/10/2019).

Karenanya, komplain atas pelayanan di rumah sakit merupakan suatu keniscayaan.

Apoteker Perlu Kaji Kemampuan Ekonomi Pasien Saat Tawarkan Obat

Sehingga menjadi tugas Hubungan Masyarakat (Humas) untuk dapat menyelesaikannya setiap komplain yang masuk.

Menurutnya, Humas harus memiliki kemampuan untuk menjadi mediasi dalam menyelesaikan setiap komplain dengan pasien atau keluarga pasien.

“Sesuai dengan UU No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan pasal 29 bahwa jika tenaga kesehatan diduga melakukan kelalain dalam menjalankan profesinya, kelalain tersebut harus diselesaikan terlebih dahulu melalui mediasi,” jelas Eka.

Mediasi adalah cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan para pihak dengan dibantu oleh mediator.

Lanjutnya, konsep dari mediasi adalah adanya win-win solution.

Dalam memediasi suatu permasalahan, seorang mediator akan selalu mengarahkan dan mengajak masing-masing pihak untuk mencari solusi bersama.

Klinik Pratama Sembada Bersinar Sleman Layani Pasien Napza Tanpa Biaya

Halaman
123
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved