Pupuk Rasa Cinta Tanah Air, UIN Sunan Kalijaga Gelar Lomba Paskibra Tingkat Nasional

Pupuk Rasa Cinta Tanah Air, UIN Sunan Kalijaga Gelar Lomba Paskibra Tingkat Nasional

Pupuk Rasa Cinta Tanah Air, UIN Sunan Kalijaga Gelar Lomba Paskibra Tingkat Nasional
Istimewa
Lomba Paskibraka yang diadakan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Rabu (16/10/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda, UIN Sunan Kalijaga melalui Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara (PSPB) menyelenggarakan kegiatan lomba Paskibra Tingkat Nasional pada Rabu-Minggu (16-20/10/2019).

Kegiatan ini setidaknya diikuti 35 regu Paskibraka pilihan perwakilan Sekolah MA/SMA/SMK dari seluruh provinsi di Indonesia, dengan masing-masing regu berjumlah 22 orang.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Yudian Wahyudi menyampaikan, kegiatan ini diadakan sebagai bentuk tanggungjawab UIN Sunan Kalijaga dalam membina generasi muda

Menurutnya, kegiatan-kegiatan semacam ini penting untuk membangkitkan kembali rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Polsek Juwiring Sosialiasi Aplikasi Jogo Wargo Lewat Safari Salat Zuhur

"Kegiatan ini bermaksud menggelorakan kembali kesadaran berbangsa dan bernegara, memperteguh semangat nasionalisme dan patriotisme. Selain itu menanamkan rasa cinta yang dalam terhadap keutuhan NKRI dan mencegah agar kaum muda tidak terpapar paham radikalisme-terorisme," ungkapnya pada Rabu (16/10/2019).

Dia menjelaskan, ajang ini juga diselenggarakan sebagai penghargaan atas ditetapkannya Hari Santri oleh Presiden Joko Widodo, yang pada tahun ini sudah sampai pada peringatan hari santri yang ketiga.

"Hari santri merupakan pengakuan kepahlawanan santri yang telah memberikan kontribusi terhadap kemerdekaan NKRI. Hari santri ini sebagai peneguhan kembali betapa besar peran santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia," katanya. (/Tribunjogja I Siti Umaiyah)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved