Bantul

Bagikan 10 Ribu KIA Serentak, Pemkab Bantul Pecahkan Rekor MURI

Sebanyak 10.169 Kartu Identitas Anak (KIA) dibagikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, di Stadion Sultan Agung, Bantul, pada Selasa (15/10/2019).

Bagikan 10 Ribu KIA Serentak, Pemkab Bantul Pecahkan Rekor MURI
Tribun Jogja/Azka Ramadhan
Bupati Bantul, Suharsono, sesuai pembagian 10 ribu KIA serentak di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (15/10/2019) pagi. 

TRIBUNJOGJA.COM  - Sebanyak 10.169 Kartu Identitas Anak (KIA) dibagikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, di Stadion Sultan Agung, Bantul, pada Selasa (15/10/2019) pagi.

Program ini, masuk dalam catatan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Bupati Bantul, Suharsono menjelaskan, pembagian KIA kali ini memang sengaja dilaksanakan secara serentak, sekaligus mendukung konsep PAUD holistik integratif, atau pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan berbagai aspek.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

"PAUD holistik integratif ini pelaksanaannya banyak sekali memberikan pelayanan, tidak hanya pendidikan, pembelajaran, pengasuhan, gizi dan kesehatan, tapi juga kesejahteraan, salah satunya membantu dalam administrasi kependudukan," katanya.

Menurutnya, sasaran dari kegiatan ini adalah anak-anak usia dini, karena ke depannya KIA sangat penting untuk kelanjutan pendidikan, yang mulai menerapkan sistem zonasi.

Ia berujar, basis datanya nanti akan diseragamkan, untuk berbagai tingkatan.

"Ya, data pokok pendidikan itu basisnya dari PAUD, SD, SMP dan SMA, hanya satu, termasuk PPDB (Program Penerimaan Siswa Didik Baru) nanti, dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan)," cetusnya.

Tas Kulit Abekani Karya Warga Bantul, Brand Lokal Berkualitas Ekspor Beromzet Rp1 Miliar per Bulan

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, Bambang Purwadi Nugroho mengatakan, program pembagian KIA ini adalah hasil kerjasama dengan Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bantul, yang diketuai Erna Suharsono.

"TP PKK memiliki peran strategis dalam membantu mempercepat ketercakupan KIA di Bantul. Sosialisasi ke kadernya untuk mendata anak-anak yang belum memiliki KIA pun berhasil," katanya.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved