Tata Cara dan Prosedur Bayar Pajak Online, Pemilik Tetap Harus Datangi Samsat

Tidak semuanya bisa dilakukan secara online. Karena setelah membayar atau melunasi tunggakan pajak kendaraan, pemilik wajib datang ke Samsat

Tata Cara dan Prosedur Bayar Pajak Online, Pemilik Tetap Harus Datangi Samsat
ist
Ilustrasi STNK dan BPKB 

Tata Cara dan Prosedur Bayar Pajak Online, Anda Tetap Harus Datangi Samsat

TRIBUNJOGJA.COM - Melakukan pembayaran pajak kendaraan saat ini tak perlu lagi datang ke kantor Samsat, apalagi harus melalui antrean panjang sejak pagi hari.

Bagi yang tak memiliki waktu banyak atau repot dengan kesibukan, cukup melunasinya melalui ponsel yang bisa dilakukan di mana saja dengan aplikasi Samsat Online Nasional atau e-Samsat.

Namun demikian, tidak semuanya bisa dilakukan secara online. Karena setelah membayar atau melunasi tunggakan pajak kendaraan, pemilik wajib datang ke Samsat untuk melakukan pengesahan.

"Proses pelunasan atau pembayaran tunggakan bisa dilakukan via online untuk menghemat waktu. Tapi saat sudah dibayar, dan penunggak pajak mendapatkan resi pelunasan yang jadi tanda bukti tetap harus ke Samsat untuk legalitasnya," kata call center pajak Jakarta saat dimintai keterangan Kompas.com, Jumat (11/10/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, seusai masyarakat melakukan pembayaran, akan dilakukan penerbitan Surat Ketetapan Pajak Daerah ( SKPD).

Nah, untuk mendapatkan surat ini masyarakat perlu mendatangi kantor Samsat.

Perlu diingat, SKPD ini hanya berlaku selama 30 hari setelah pembayaran atau pelunasan tunggakan pajak kendaraan bermotor dilakukan. Bila lewat dari itu, maka masyarakat harus mengulang pembayaran lagi.

"Karena harus cetak SKPD yang baru setelah melunasi pajak, maka pemilik kendaraan wajib datang ke Samsat. SKPD itu dicetak dan akan diletakan di lembar STNK sebagai pengesahan baru tahunan," kata dia.

"Cara tersebut memang harus dilakukan secara manual karena terkait pengesahan. Masyarakat cukup datang bawa bukti pembayaran saja, tidak usah ikut antrean dari awal, mempersingkat waktu tunggu dan pengurusan sifatnya," ujar dia. (*)

==

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bayar Pajak Via Online Tetap Harus ke Kantor Samsat"

Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved