Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul Terapkan Perubahan Nama Desa Jadi Kalurahan Tahun Depan

Pemkab Gunungkidul akan mulai menerapkan Perda No 6 tahun 2019 terkait perubahan nama dari Desa menjadi Kalurahan tahun depan.

Pemkab Gunungkidul Terapkan Perubahan Nama Desa Jadi Kalurahan Tahun Depan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemkab Gunungkidul akan mulai menerapkan Perda No 6 tahun 2019 terkait perubahan nama dari Desa menjadi Kalurahan tahun depan.

Menurut Kepala Bagian Organisasi, Sekretariat Daerah Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian, Perda yang sudah dimiliki Pemkab Gunungkidul tidak bisa serta merta diterapkan.

Dengan kata lain, masih dibutuhkan penyesuaian lebih lanjut.

"Kami baru bisa menjalankan pada awal tahun depan, seiring dengan adanya anggaran baru. Ini masih masa transisi ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu," katanya, Jumat, (11/10/2019).

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Pihaknya harus mempersiapkan peraturan bupati terlebih dahulu yang digunakan sebagai petunjuk teknis dalam pelaksanaan peraturan tersebut.

"Saat ini Perbup masih dalam bentuk draft. Nantinya Perbup ini juga akan dikonsultasikan ke Provinsi DIY apakah sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku atau belum," ucapnya.

Ia mengatakan, anggaran yang digunakan ada dalam perubahan nomenklatur.

Kegiatan ini, lanjutnya, akan dibiayai dengan dana keistimewaan.

Tiga Pasangan Suami Istri Bertarung di Pilkades di Gunungkidul

"Kami saat ini masih dalam tahap sosialisasi ke desa-desa terkait dengan perubahan nama, dengan sosialisasi yang dilakukan diharapkan perubahan nomenklatur dapat berjalan dengan lancar. Perubahan nama ini nantinya juga akan diperkuat dengan peraturan desa," katanya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved