Kulon Progo

Bandara YIA Harus Ramah Semua Ragam Disabilitas

Bandara YIA di Kulon Progo diharapkan bisa menjadi bandara yang ramah terhadap segala ragam disabilitas.

Bandara YIA Harus Ramah Semua Ragam Disabilitas
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Sejumlah penyandang disabilitas menjajal fasilitas khusus difabel yang tersedia di Bandara YIA Kulon Progo, Jumat (11/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo diharapkan bisa menjadi bandara yang ramah terhadap segala ragam disabilitas.

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di dalam bandara sudah seharusnya bisa mengakomodir para penyandang disabilitas yang memanfaatkan layanan penerbangan.

Hal ini disampaikan para penyandang disabilitas saat mereka mengunjungi Bandara YIA, Jumat (11/10/2019).

Pegiat inklusi dan pejuang hak-hak difabel yang juga penyandang dwarfisme (postur tubuh pendek) ini menyebut, beberapa fasilitas untuk penyandang disabilitas sudah tersedia di bandara tersebut namun masih butuh penyempurnaan.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Masih ada beberapa bagian dan fasilitas di bandara baru ini yang perlu diperbaiki demi menciptakan suasana ramah difabel.

Dalam kunjungan itu, dirinya bersama sejumlah rekan penyandang disabilitas mencoba merasakan fasilitas-fasilitas tersebut dan mengevaluasinya untuk selanjutnya menjadi masukan bagi pengelola bandara.

"Dari perspektif saya, masih banyak yang perlu diperbaiki bersama. Ini menjadi catatan, apa saja penambahan aksesibilitas bagi difabel sehingga bisa dimanfaatkan dengan lebih mandiri serta bermartabat," kata Anggi yang pernah maju sebagai caleg dalam Pemilu 2019 lalu.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, beberapa catatan yang dibuat para penyandang difabel itu mencakup banyak hal.

Mulai dari area parkir, akses jalan, pintu masuk terminal, konter check in penumpang, toilet, dan lainnya.

Saat ini belum tersedia area parkir khusus untuk kendaraan roda tiga yang biasanya dimanfaatkan penyandang difabel dalam mobilitasnya.

Kadispar DIY Ingin Ada Direct Flight Internasional di YIA

Halaman
1234
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved