PHRI : Aksesibilitas Bandara YIA Perlu Segera Diperbaiki

Keberadaan Bandara YIA perlu ditunjang dengan aksesibilitas yang memadai untuk bisa menangkap wisatawan yang datang.

PHRI : Aksesibilitas Bandara YIA Perlu Segera Diperbaiki
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo saat membuka Seminar Strategi Menghadapi Era Baru Pariwisata dan Musda PHRI, di Hotel Sahid, Rabu (9/10/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pusat Haryadi Sukamdani menyebut bahwa keberadaan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, yang jauh dari pusat Kota Yogyakarta perlu ditunjang dengan aksesibilitas yang memadai untuk bisa menangkap wisatawan yang datang.

"Perlu perjuangan lebih besar karena bandara relatif agak jauh dari pusat kota. Internasional (wisatawan internasional) mungkin akan naik, tapi yang lokal dengan sejarah seperti itu, mudah-mudahan tidak terpengaruh," ujarnya di sela-sela kegiatan Seminar Strategi Menghadapi Era Baru Pariwisata dan Musda PHRI, di Hotel Sahid, Rabu (9/10/2019).

Dukungan transportasi harus cepat disiapkan.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Haryadi mengatakan bahwa mungkin akan ada jeda enam bulan untuk penyesuaian penerbangan yang akan pindah.

"Pasti tumbuh, hanya butuh waktu," ucapnya.

Terkait investasi, Haryadi juga memastikan bahwa cepat atau lambat akan ada investor terutama di sektor hotel dan restoran yang akan menanamkan investasi mereka di sekitar YIA.

"Ini perkara waktu. Sektor hotel dan restoran sangat dinamis. Bisa setiap saat memberikan respon cepat. Dalam waktu enam bulan ini saya yakin akan ada hotel baru," terangnya.

Ia menambahkan, bahwa untuk kriteria hotel yang banyak dicari wisatawan adalah yang murah dan memiliki paket program menarik.

Hotel Dafam Fortuna Yogyakarta Beri Apresiasi Tamu di Hari Batik Nasional

"Kalau bicara Yogya, sebenarnya sudah memenuhi dan sudah over supply. baik yang sifatnya bisnis atau lainnya, potensinya besar. Kalau soal pasar luar negeri, Eropa punya minat yang bagus," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved