Yogyakarta

Penerbangan Internasional di Bandara YIA Mulai April 2020

Penerbangan domestik di Bandara Internasional Adisutjipto pada Januari 2020 akan dipindahkan ke Yogyakarta International Airport (YIA).

Penerbangan Internasional di Bandara YIA Mulai April 2020
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
GM PT Angkasa Pura 1 Agus Pandu Purnama saat menjelaskan mengenai kesiapan YIA pada 2020 mendatang di acara Seminar Strategi Menghadapi Era Baru Pariwisata dan Musda PHRI di Hotel Sahid, Rabu (9/10/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Penerbangan domestik di Bandara Internasional Adisutjipto pada Januari 2020 akan dipindahkan ke Yogyakarta International Airport (YIA) yang ada di Kulonprogo.

Selanjutnya pada April, direncanakan seluruh penerbangan internasional yang saat ini berada di Bandara Internasional Adisutjipto juga akan masuk YIA.

General Manager PT Angkasa Pura 1, Agus Pandu Purnama mengatakan bahwa saat ini progress pembangunan YIA sudah mencapai 88 persen dan ditargetkan rampung pada Desember 2019 ini.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

"Pemindahan sudah kita sepakati di Januari 2020. Secara fisik, Desember sudah jadi terminal lantai atas. Nanti seluruh domestik yang neuro body, pertengahan Januari sekitar 140 flight pindah. Sementara eksisting 28 flight rute baru, maka saat digabung akan lebih banyak," ungkapnya, ditemui di sela-sela kegiatan Seminar Strategi Menghadapi Era Baru Pariwisata dan Musda PHRI, di Hotel Sahid, Rabu (9/10/2019).

Ia menambahkan, saat ini di penerbangan di YIA rata-rata membawa 2.000 penumpang setiap hari.

Animo masyarakat menggunakan pesawat melalui YIA dinilai tinggi karena daerah cakupan mereka bertambah yakni dari Yogya, Cilacap, dan Jawa Tengah bagian selatan.

"Lalu penerbangan internasional dilaksanakan April karena banyak peralatan yang harus dipasang misal imigrasi, bea cukai, karantina, dan pemasangan alat yang membutuhkan waktu kira-kira 2 bulan, sehingga di Adisutjipto sisa propeller saja. Mungkin propeller eksisting 10 flight ditambah untuk carter flight di Adisutjipto," bebernya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved