Sleman

Penerapan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) di Sleman Baru Sebatas Kajian

Meski pemerintah telah menjanjikan penerapan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) namun hingga kini belum ada langkah konkret untuk menetapkan UMSK.

Penerapan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) di Sleman Baru Sebatas Kajian
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) mendorong pemerintah segera menetapkan upah sektoral untuk keadilan pekerja.

Meski pemerintah telah menjanjikan penerapan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) namun hingga kini belum ada langkah konkret untuk menetapkan UMSK.

Sekjen ABY, Kirnadi menjelaskan, keuntungan ketika pemerintah menerapkan UMSK yakni dapat membuat pekerja lebih jelas dan terjamin upahnya terutama di sektor unggulan.

"UMSK sudah lama kita dorong, tinggal pemerintah menetapkan. Regulasi sudah ada, penelitian sudah ada. Jadi itu sangat memungkinkan, tinggal kemauan saja," paparnya.

ABY : Pekerja Tak Punya Kehidupan Layak Jika Pemerintah Tentukan Upah dengan PP No.78 tahun 2015

Ia menjebarkan, beberapa sektor yang memungkinkan bisa diterapkan UMSK di wilayah DIY antara lain pada industri pengolahan, akomodasi dan makanan, informasi dan komunikasi, juga real estate.

Ia menilai, ketika UMSK sudah ditetapkan, maka nilai upah minimum di sektor tertentu berdasarkan kesepakatan, akan lebih tinggi dibanding UMK yang sudah ditetapkan kabupaten/kota.

"Di sektor tertentu bisa ditetapkan kenaikannya 5% atau 7% dari UMK," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman, Sutiasih mengatakan, rencana penerapan UMSK di Sleman memang sudah dari tahun lalu dimunculkan.

Namun ia tak bisa memastikan kapan UMSK di Sleman dapat diterapkan.

Sutiasi mengatakan bahwa saat ini baru pada tahap kajian sektor unggulan oleh Dewan Pengupahan Sleman dan tenaga ahli dari perguruan tinggi.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved