YPA-MDR Inisiasi Pembentukan Sanggar Anak Seni Nusantara di Indonesia

Sebagai bentuk komitmen untuk tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim

YPA-MDR Inisiasi Pembentukan Sanggar Anak Seni Nusantara di Indonesia
ist
PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR), menginisiasi pembentukan Sanggar Anak Seni Nusantara 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai bentuk komitmen untuk tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR), menginisiasi pembentukan Sanggar Anak Seni Nusantara yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia khususnya di wilayah pembinaan YPA-MDR.

Belandasakan dengan konsep pembinaan 4 pilar yaitu Akademik, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup, YPA-MDR menciptakan sinergi antara sekolah dan maysarakat sekitar untuk melahirkan SDM unggul cerdas berkarakter sekaligus memiliki keterampilan sesuai kearifan lokal salah satunya Seni Budaya. 

YPA-MDR juga bersinergi dengan para praktisi dan seniman lokal dalam pembentukan sanggar seni budaya sebagai berikut:

  1. Sanggar Anak Seni Nusantara Leuwiliang – Kebupaten Bogor
  2. Sanggar Anak Seni Nusantara Laras Peni Artati – Kebupaten Pacitan
  3. Sanggar Anak Seni Nusantara Sekar Jati Laras – Kebupaten Bantul
  4. Sanggar Anak Seni Nusantara Tanjung Budaya – Kebupaten Lampung Selatan
  5. Sanggar Anak Seni Nusantara Cipta Kreasi – Kebupaten Lampung Selatan

Pembentukan Sanggar Anak Seni Nusantara ini merupakan bentuk nyata kepedulian YPA-MDR serta masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni budaya dalam rangka memperkuat seni budaya nasional

Sekilas Tentang Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR)

Yayasan Pendidikan Astra  - Michael D. Ruslim (YPA MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 merupakan  salah satu yayasan dari 9 yayasan yang dimiliki PT. Astra International Tbk yang bergerak di bidang layanan pendidikan, sebagai salah satu pelaksana tugas CSR, khususnya pilar Astra untuk Indonesia Cerdas.

Visi, Misi dan Goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera.

Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya.  

Sesuai dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” YPA-MDR memiliki visi untuk menjadi lembaga sosial yang terkemuka dan kredibel di bidang pendidikan, khususnya di daerah prasejahtera agar seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup, seni budaya serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional.

Pola Pembinaan YPA-MDR

YPA-MDR meningkatan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera melalui empat pilar pembinaan yaitu akademis, karakter, kecakapan hidup dan seni budaya sehingga menjadi Sekolah Swapraja menuju Sekolah Unggul.

Sejak tahun 2006 hingga kini, YPA-MDR telah membina 90 sekolah negeri, 1.116 guru dan 18.252 siswa, yang terdiri dari 66 SD, 19 SMP dan 5 SMK yang terletak di Lampung Selatan, Bogor, Serang, Gunungkidul, Bantul, Pacitan, Kutai Barat, Kupang, Rote Ndao, Kapuas dan Barito Utara. 

Program bantuan yang diberikan oleh YPA-MDR kepada sekolah-sekolah binaan meliputi:

Pembinaan yang meliputi empat pilar yakni pembinaan akademis, pendidikan karakter, kecakapan hidup dan seni budaya menuju kepada sekolah unggul.

Sarana penunjang pendidikan seperti buku pelajaran untuk siswa, buku pegangan untuk guru, buku perpustakaan, perangkat UKS serta alat peraga dan media pembelajaran.

Penambahan prasarana ruangan dan renovasi gedung sekolah berikut mebel agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan berkualitas. (adv)

Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved