Jawa

Raih IGA Ketiga Kali, Kota Magelang Berhasil Jadi Kota Inovatif

Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Kota Magelang dalam mendorong inovasi di bidang pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan lain-lain.

Raih IGA Ketiga Kali, Kota Magelang Berhasil Jadi Kota Inovatif
istimewa
Penghargaan IGA diserahkan langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo kepada Walikot Magelang Sigit Widyonindito di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019) malam. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kota Magelang mendapatkan penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2019 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ketiga kali.

Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Kota Magelang menjadi kota terinovatif dalam mendorong inovasi di bidang pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, dan urusan kewenangan lainnya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo kepada Walikot Magelang Sigit Widyonindito di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019) malam.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menciptakan dan mengembangkan inovasi daerah.

Masyarakat maupun OPD didorong untuk menciptakan berbagai inovasi yang bermanfaat agar pelayanan dan kesejahteraan masyarakat bisa terwujud dengan baik.

“Kota Magelang itu kecil, tidak memiliki sumber daya alam, hanya mengandalkan sektor jasa sebagai penopang roda perekonomian. Maka semangat membangun kota modern dan cerdas terus dijaga, salah satunya dengan menciptkan berbagai inovasi,” kata Sigit, Senin (7/10/2019).

Sigit mengatakan, fungsi kelembagaan litbang penting untuk menciptakan inovasi di Kota Magelang.

Balitbang Kota Magelang menjadi Badan Litbang di Provinsi Jawa Tengah, yang mendampingi inovasi Kota Magelang.

"Adanya berbagai inovasi akan mampu mendorong kemajuan pembangunan di Kota Magelang. Raihan prestasi menjadi tantangan dan motivasi kedepan agar bermunculan inovasi baru sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan di daerah,”ungkapnya.

Lebih Rp 2,4 Miliar untuk Awasi Pilkada 2020 Kota Magelang

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang, Arif Barata Sakti, mengatakan, pemda berkewajiban menjamin pemanfaatan, memfasilitasi dan menggunakan hasil inovasi sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sstem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, telah dilaksanakan oleh Pemkot Magelang sejak tahun 2017.

“Kami terus memfasilitasi pengembangan inovasi di Kota Magelang. Seperti galeri inovasi yang bisa membentuk, mendorong dan mendampingi tumbuhnya inovasi baik dari masyarakat maupun di lingkungan Pemkot Magelang. Salah satu contoh inovasi masyarakat yang bermanfaat yaitu Magic Grill dimana telah mendapatkan pengakuan sekaligus pembinaan dari Pemerintah Pusat untuk menjadi Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi,” kata Arif.

Beberapa penghargaan yang diraih Balitbang terkait inovasi dan sejumlah fasilitas yang dimiliki, membuat sejumlah Kementerian, Lembaga Negara dan beberapa Pemerintah Daerah melakukan studi banding ke Kota Magelang.

“Selain penyelenggaraan krenova bagi masyarakat, kami mendorong para ASN maupun OPD untuk berinovasi melalui kompetisi inovasi OPD di lingkungan Pemerintah Kota Magelang. Harapannya makin banyak inovasi yang muncul di lingkungan OPD yang mendukung visi Kota Magelang sebagai Kota Jasa,” ujarnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved