Kota Yogyakarta

Peringati Milad ke-67, Masjid Syuhada Gelar Jazz Syuhada 2019

Dalam rangka Milad Masjid Syuhada ke-67, Masjid Syuhada Kotabaru, Yogyakarta menggelar panggung pertunjukan musik bertajuk “Syuhada Jazz” pada Selasa

Peringati Milad ke-67, Masjid Syuhada Gelar Jazz Syuhada 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Dalam rangka Milad Masjid Syuhada ke-67, Masjid Syuhada Kotabaru, Yogyakarta menggelar panggung pertunjukan musik bertajuk “Syuhada Jazz” pada Selasa (8/10/2019) di Halaman Masjid Syuhada. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam rangka Milad Masjid Syuhada ke-67, Masjid Syuhada Kotabaru, Yogyakarta menggelar panggung pertunjukan musik bertajuk “Syuhada Jazz” pada Selasa (8/10/2019) di Halaman Masjid Syuhada.

Seni pilihan pertunjukan musik ini dipilih karena musik merupakan bahasa yang universal untuk menyampaikan pesan, perasaan, situasi, hingga kritik sosial yang mudah dipahami oleh audiens.

Dalam konteks dakwah, musik menjadi cara lain dalam berdakwah yang bertujuan untuk mengajarkan kebaikan dan perdamaian sesama manusia.

Didi Kempot Akan Hibur Sobat Ambyar di Ngayogjazz 2019

Acara yang memiliki fungsi untuk memperkenalkan Masjid Syuhada sebagai salah satu masjid bersejarah di Yogyakarta yang masih menjaga keistimewaan Yogyakarta dengan aneka ragam budaya.

Firdaus selaku Ketua Panitia Jazz Syuhada 2019 menyatakan, selain musik jazz, acara ini juga memiliki beberapa kegiatan lainnya, seperti bazar dan ceramah.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka milad Masjid Syuhada yang ke-67 ini mengundang beberapa narasumber dan pengisi acara yakni adalah Ustadz Wijayanto yang memberikan ceramah khusus  dalam rangka Milad, serta beberapa group band jazz seperti Tricotado, Praz, Nu Shopian Kolinus Project, dan Berdua Saja yang akan memeriahkan pertunjukan Jazz Syuhada.

"Event ini bukan kali pertama Masjid Syuhada menggelar pertunjukan musik. Sebelumnya pada tahun 2017 pernah menggelar pertunjukan musik kiai Kanjeng bersama Emha Ainun Nadjib," katanya.

Pada tahun 2019 ini, Masjid Syuhada menggelar pertunjukan musik jazz bekerjasama dengan Komunitas Jazz Mben Senen dan pegiat literasi kebudayaan di Yogyakarta.

Balkonjazz Festival Rayakan Kegembiraan Masyarakat Pedesaan

"Tujuan perhelatan pada Milad ke 67 ini, selain memperkenalkan masjid syuhada sebagai masjid bersejarah adalah juga menunjukan Masjid Syuhada dekat dengan kebudayaan, sejalan dengan sejarah masjid yang didirikan oleh para pemuka masyarakat dan pemuka muslim dengan latar belakang yang beragam sejak 67 tahun lalu," kata dia

Perhetalan Jazz Syuhada ini diharapkan juga mengenalkan dan mendekatkan Masjid Syuhada kepada berbagai komunitas di Yogyakarta.

Rencananya kegiatan ini akan dilangsungkan setiap tahun, sebagaimana juga diselenggarakan oleh Remaja Masjid Cut Mutia di Jakarta yang menggelar ramadhan jazz setiap tahunnya.

Dalam acara pembukaan akan ada pertunjukan bregodo dan tari saman dari Aceh, dilanjutkan pertunjukan musik jazz.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved