Daihatsu Sebut Tren Penjualan di Tahun 2019 Alami Penurunan

Kondisi ini diperkirakan akibat dari faktor eksternal yang mengubah perilaku konsumen untuk menunda pembelian kendaraan bermotor

Daihatsu Sebut Tren Penjualan di Tahun 2019 Alami Penurunan
Daihatsu
KONTRIBUSI : All New Daihatsu Terios mampu membukukan penjualan 4.489 unit (14,3%), dan memberi kontribusi positif penjualan pabrikan Daihatsu di dua bulan pertama 2019. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Daihatsu Cabang Yogyakarta menyebut tren penjualan di 2019 ini mengalami penurunan.

Kondisi ini diperkirakan akibat dari faktor eksternal yang mengubah perilaku konsumen untuk menunda pembelian kendaraan bermotor, terutama roda empat.

Keadaan politik tanah air yang belakangan cukup memanas, dikatakannya menjadi salah satu penyebab.

Meski berada di daerah yang cukup jauh dari DIY, kondisi itu, klaim Sigit ikut mempengaruhi psikologis calon konsumen.

"Harus kita akui kondisinya memang demikian. Bukan hanya di DIY ya, seluruh Indonesia semuanya menurun," kata Kepala Cabang Astra Daihatsu Yogyakarta, Sigit Suryanto disela kegiatan Fun Day With Thalasemia, Sabtu (5/10/2019).

Sigit menjelaskan, kondisi itu diperkuat dengan revisi target penjualan yang dipangkas oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hingga akhir 2019 dari 1,1 juta unit menjadi 1 juta unit.

Ditambah lagi, baru-baru ini Bank Indonesia juga mengeluarkan kebijakan pelonggaran kredit kendaraan dengan kisaran 5 - 10 persen dibanding ketentuan sebelumnya.

Rencananya, ketentuan itu mulai berlaku pada 2 Desember 2019 mendatang.

Sigit merinci, biasanya kondisi penjualan di area DIY bisa menembus angka hingga 1600 unit per bulan. Pada tahun ini, kondisi itu anjlok cukup lebar hingga ke angka 1100 unit per bulan.

"Tapi kita masih cukup terbantu dengan tren LCGC seperti Sigra dan Ayla. Itu masih mendapat tempat di hati konsumen. Kisarannya sekitar 18-20 persen dari market share kita," ujarnya.

Kondisi penurunan ini pun disebutnya cukup terasa dalam mempengaruhi lini bisnis otomotif. Pun demikian, posisi pangsa pasar Daihatsu Yogyakarta yang saat ini berada di angka 18 persen akan berusaha digenjot dengan berbagai program.

"Kita optimalkan dari sisi paket-paket promo. Selain itu, juga layanan after sales dan pembentukan komunitas untuk konsumen loyal," tukas dia. (*)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved