Akhir Penderitaan Efendi, Bocah 12 Tahun yang Dikurung di Bekas Kandang Ayam

Penderitaan Moh Efendi yang dikurung di bekas kandang ayam tampaknya akan segera berakhir. Bocah 12 tahun itu akan segera dikeluarkan dari tempat itu

Akhir Penderitaan Efendi, Bocah 12 Tahun yang Dikurung di Bekas Kandang Ayam
KOMPAS.COM/TAUFIQURRAHMAN
Moh Efendi (12) dikurung di dalam bekas kandang ayam oleh orangtuanya karena memiliki kelainan mental sejak lahir. Efendi sering merangkak hingga pernah ditemukan di hutan, Jumat (4/10/2019) 

Penderitaan Moh Efendi (12) tampaknya akan segera berakhir. Bocah asal Dusun Bringin, Desa Angsana, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur itu akhirnya akan dikeluarkan dari bekas kandang ayam. Di tempat inilah Efendi selama ini dikurung.

Moh Efendi (12) akan dikeluarkan dari bekas kandang ayam, tempat selama ini ia dikurung. Ia selanjutnya akan menjalani pengobatan dan terapi di rumah sakit.

Kepala Desa Angsana, Moh Masduki mengatakan, pihaknya telah membantu pengobatan Efendi. Namun, baru dua kali perawatan, kedua orang tua Efendi menghentikannya atas alasan tak punya biaya untuk mengantar anaknya ke rumah sakit.

Dua Bulan Dipasung, Perempuan Penderita Gangguan Jiwa di Bantul Dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa

Orang tua juga beralasan sibuk bekerja sehingga sulit mencari waktu mendampingi Efendi berobat ke rumah sakit.

"Tadi saya ke rumah Efendi menanyakan masalah kenapa tidak dibawa ke rumah sakit, ternyata mereka sibuk," ujar Moh. Masduki melalui sambungan telepon, Sabtu (5/10/2019).

Pekan depan, pihak desa akan menyiapkan kendaraan khusus demi mengantar Efendi berobat dan terapi di rumah sakit.

Orang tua tetap diminta untuk mendampingi.

Nasib 3 Wali Kota yang Gagal Penuhi Janji Kampanye: Diarak, Dipasung Hingga Disekap

"Saya bilang kepada kedua orang tuanya agar jangan mikir pekerjaan terus, tetapi kondisi anaknya juga diperhatikan," imbuh Masduki.

Ia sekaligus memastikan, pengobatan dan terapi itu tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Sebab Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan setempat sudah membantunya menggunakan kartu BPJS.

Masduki juga telah meminta agar Efendi jangan dikurung di tempat yang sempit lagi, melainkan di sebuah ruangan yang lebih luas dan layak.

Kisah Pilu Mantan TKI, Dipasung di Ruang Gelap di Rumah yang Ia Bangun dengan Kerja Keras

Halaman
12
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved