Pendidikan

UJB Gelar Workshop Pengolahan Sampah Plastik di Desa Srimulyo

Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta mengadakan workshop pengelolaan sampah dengan fokus pada pengenalan teknologi pengolahan sampah plastik menjadi

UJB Gelar Workshop Pengolahan Sampah Plastik di Desa Srimulyo
istimewa
Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta mengadakan workshop pengelolaan sampah dengan fokus pada pengenalan teknologi pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) di Desa Srimulyo, Piyungan, Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta mengadakan workshop pengelolaan sampah dengan fokus pada pengenalan teknologi pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) di Desa Srimulyo, Piyungan, Bantul.

Workshop ini memberikan pemahaman kepada warga dan pengelola bank sampah tentang beberapa teknologi pengolahan sampah yang dapat diterapkan untuk skala kecil dan menengah.

Dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UJB Mochamad Syamsiro menyampaikan ada beberapa teknologi yang bisa diterapkan di tingkat desa untuk pengolahan sampah.

Universitas Janabadra Yogyakarta Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan BUMDes dan Bank Sampah

Salah satunya berfokus pada teknologi pengolahan sampah plastik menjadi BBM atau sumber energi.

Ia mengatakan, ada beberapa skema teknologi termal untuk mengubah sampah kota menjadi energi atau listrik.

"Pertama adalah teknologi pembakaran, dimana sampah dibakar untuk menghasilkan energi panas yang digunakan untuk memanaskan air di dalam boiler untuk dijadikan uap sebagai penggerak turbin untuk memutar generator penghasil listrik," ujarnya Jumat (4/10/2019).

Dengan teknologi tersebut, kata dia, sampah tereduksi hingga 90 persen dan hanya tersisa abu yang jumlahnya tinggal 10 persen.

Awkarin Memanggul Kantong Plastik Sambil Punguti Sampah Unjuk Rasa di Depan Gedung DPR

Berikutnya adalah teknologi pirolisis dan gasifikasi. Pirolisis merupakan teknologi pemanasan sampah kota tanpa menggunakan udara di dalam prosesnya.

"Jadi tidak terjadi pembakaran di dalamnya, hanya terjadi proses perengkahan rantai karbon untuk nantinya bisa dihasilkan bahan bakar cair maupun gas," katanya.

Sampah plastik dan karet ban bekas dapat dikonversi menjadi bahan bakar minyak (BBM) dengan teknologi ini.

Gasifikasi adalah proses pembakaran dengan udara terbatas sehingga menghasilkan bahan bakar gas yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik maupun kebutuhan lainnya.

Teknologi lain yang bisa diterapkan adalah dengan perlakuan hidrotermal untuk menghasilkan bahan bakar padat berupa RDF (refused derived fuel) menggunakan suhu dan tekanan tinggi.

Demi Punya Wajah Mirip Jimin BTS, Pria Ini Rela Operasi Plastik Habiskan Uang Rp2,1 Miliar!

"Dengan penerapan teknologi tersebut diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah di Desa Srimulyo maupun desa lainnya," jelasnya

Di sisi lain juga ada nilai tambah energi berupa listrik maupun BBM yang dihasilkan dari pengolahan sampah ini.

Agenda workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program Kemitraan Wilayah (PKW) UJB Tahun 2019 yang didukung oleh Kementerian Ristekdikti melalui skema pengabdian masyarakat dengan tema “Pengelolaan Desa Wisata Menuju Green Tourism Untuk Pelestarian Lingkungan”.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved