Pendidikan

Tim Bimasakti Pertamax Turbo UGM Generasi 9 Terus Tingkatkan Performa

Tim Bimasakti Pertamax Turbo UGM terus berupaya meningkatkan performa untuk bisa mengikuti perlombaan mobil formula di 2020 mendatang.

Tim Bimasakti Pertamax Turbo UGM Generasi 9 Terus Tingkatkan Performa
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Mahasiswa anggota tim Bimasakti Pertamax Turbo Racing Team UGM generasi 9 mempersiapkan mobil balap di komplek kampus UGM, Sleman, DI yogyakarta, Jumat (4/10/2019). Gerasi 9 akan melakukan sejumlah riset untuk meninglkatkan kemampuan mobil balap yang nantinya akan ikut bersaing dalam kompetisi formula mahasiswa 2020. 

TRIBUNJOGJA.COM - Tim Bimasakti Pertamax Turbo UGM terus berupaya meningkatkan performa untuk bisa mengikuti perlombaan mobil formula di 2020 mendatang.

Tim yang saat ini dipimpin oleh Rezki Eriyanto menjelaskan, jika sebelumnya Tim Bimasakti Generasi ke 8 pada September 2019 lalu berhasil memperoleh JAMA Chairman Award, No 1 Student Formula Team in Indonesia, Top 6 Overseas team, Top 8 SkidPad, Top 5 Presentation, Top 3 Design Overseas, Outstanding Performance Award, serta The only Indonesian team with award.

Di 2020 mendatang, pihaknya menargetkan untuk bisa mendapatkan Top 3 Overall Presentation, Top 5 Skidpad Event, Endurance Class A, Top 5 Acceleration Event, The Best Autocross for Overseas Team, Top 3 Efficiency Event for Overseas Team.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

"Kita optimis untuk bisa mencapai target-target ke depan. Sudah tahun ke 9 Tim Bimasakti Pertamax Turbo mengikuti perlombaan otomotif bergensi di tingkat internasional yaitu Student Formula Japan," ungkap Rezki pada Jumat (4/10/2019).

Dia menjelaskan riset-riset yang sebelumnya telah dilakukan oleh Tim Bimasakti ke 8 diantaranya simulasi geometri pada plenum, simulasi pengaruh panjang intake runner, pemakaian inlet pada sidepod, eksperimen heat transfer pada radiator, dan yang lainnya.

Sedangkan, di generasi ke 9, pihaknya sedang berfokus untuk pengembangan geometri plenum, riset geometri restrictor, riset fatigue analysis dan life cycles dari upright, mendalami launch control dan gear ignition cut, memulai riset penumatic shifter, dan yang lainnya.

Tim Bimasakti UGM Targetkan 3 Besar di Formula SAE Jepang 2020

"Kita menggunakan kepasitas mesin 450 CC, dan bensin maksimal 7 liter. Kecepatan kita mencapai 150 km/jam. Untuk bahan bakar Pertamax Turbo. Untuk pendanaan mencapai 600-700 juta," katanya.

Igusti Bagus Budi Darma, Dosen Pembimbing Tim Bimasakti Pertamax Turbo menerangkan pihaknya merasa bangga atas pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh Tim Bimasakti selama ini.

Pasalnya, Tim Bimasakti menjadi tim pertama dari Indonesia yang mengikuti perlombaan Internasional Student Formula Japan.

"Sangat bangga bisa memfasilitasi. Lomba ini paling profesional dan bonafit. Selain desain, dari segi bisnis juga harus bisa dipresentasikan. Bukan hanya perform mobil," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved