Pendidikan

Tim Arjuna TMO EV UGM Terus Kembangkan Mobil Listrik Formula

Tim Arjuna TMO EV UGM terus melakukan perbaikan dan pengembangan terkait teknologi mobil listrik secara berkelanjutan.

Tim Arjuna TMO EV UGM Terus Kembangkan Mobil Listrik Formula
istimewa
Tim Arjuna TMO EV UGM Terus Kembangkan Mobil Listrik Formula 

TRIBUNJOGJA.COM - Tim Arjuna TMO EV UGM terus melakukan perbaikan dan pengembangan terkait teknologi mobil listrik secara berkelanjutan.

Dari sisi keunggulan, sebelumnya Tim Arjuna TMO EV UGM, berhasil menjadi tim yang men-develop teknologi Battery Management System pertama di Indonesia yang dipakai di mobil listrik Indonesia.

Tim yang berkonsentrasi pada riset dan perlombaan mobil listrik, khususnya formula ini, saat ini sedang berusaha mengupgrade Battery Management System agar nantinya bisa bekerja lebih maksimal.

Christhoper Tangguh Bayu Wahyudi, dari Divisi Electronics and Controls Tim TMO EV UGM mengungkapkan, selain mengupgrade Battery Management System pihaknya juga sedang dalam tahap mengembangkan motor controller untuk mobil listrik tersebut.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

"Ke depan kita masih dalam pengembangan dan nanti hasil riset-riset yang telah dilakukan akan dipublikasikan," ungkapnya saat dihubungi pada Rabu (2/10/2019).

Bayu menerangkan untuk kendala yang dihadapi tim saat ini lebih kepada ketersediaan perangkat elektronik pendukung, yang mana kebanyakan harus impor terlebih dahulu.

"Pengiriman baterai juga jadi kendala, karena prosedur pengirimannya sangat ketat, jadi harus benar-benar teliti terhadap peraturan pengirimannya," katanya.

Belum lama ini, mobil listrik Arjuna TMO EV UGM berhasil meraih penghargaan dari ajang Formula SAE di Ecopa Stadium, Shizouka Perfecture, Jepang pada 27-31 Agustus lalu.

Jenius dan CfDS UGM Ulas Solusi Life Finance bagi Digital Savvy Yogyakarta

Pada kompetisi otomotif Internasional Student Formula Japan 2019 yang diselenggarakan Society of Automotive Engineers (SAE) tersebut, mobil Arjuna memperoleh sejumlah penghargaan yaitu Top 3 Best Business Presentation for EV Class, Top 15 Overall Result for EV Class dari 27 Tim EV yang berlaga, dan First Finisher of Technical Inspection from Indonesia EV Team.

Ketua Tim Arjuna TMO UGM, Ariestyan Darmawan sebelumnya menjelaskan, dalam kompetisi tersebut, timnya berhasil menjadi tim satu-satunya dari Indonesia yang lolos dalam tahapan technical inspection.

“Tim Arjuna menjadi tim pertama yang dapat melalui technical inspection. Hal ini menandakan bahwa mobil yang dibuat oleh tim Arjuna sudah berstandar internasional di bagian mekanisnya,” ungkapnya.

Selain kompetisi tersebut, sebelumnya tim ini juga berhasil meraih prestasi Best Technology di KMLI pada 2016 lalu, dan pada 2017 tim ini berhasil menjadi tim mobil listrik formula pertama yang mengikuti perlombaan internasional. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved