Pendidikan

Guru SMK Gunungkidul Dapat Pelatihan Teknologi Terbarukan

Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada guru SMK agar energi terbarukan dapat diaplikasikan di masyarakat dan industri.

Guru SMK Gunungkidul Dapat Pelatihan Teknologi Terbarukan
istimewa
Guru-guru saat berkeliling melihat teknologi surya yang dimiliki Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Fakultas Teknik UGM. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Guru SMK di Kabupaten Gunungkidul mendapatkan pelatihan teknologi terbarukan dari Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Fakultas Teknik UGM, yang digelar pada tanggal 1-2 Oktober lalu.

Sekretaris Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Ir Nunung Prabaningrum, Ph D mengatakan tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk mengenalkan kepada guru SMK agar energi terbarukan dapat diaplikasikan di masyarakat dan industri.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

“Kita kenalkan pada guru-guru ini tentang pengetahuan dan teknologi energi terbarukan seperti teknologi mikrohidro, teknologi hidram, teknologi biofuel dan teknologi pirolisis,” katanya melalui rilis yang diterima Tribunjogja.com, Jumat (4/10/2019).

Tidak hanya mendapatkan teori saja, tetapi guru juga diberikan kesempatan untuk melakukan mini praktikum dengan mengelilingi Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika. 

"Peserta diberikan kesempatan untuk melihat dan praktik langsung teknologi energi terbarukan seperti hidram, panel surya, solar collector, pirolisis, dan proses produksi biofuel," tambahnya.

Sementara pada hari kedua, para guru diajak untuk melakukan simulasi dan pemodelan sistem energi terbarukan menggunakan simulator serta berlatih membuat Distributed Energy Monitoring System.

Terdampak Kekeringan, Warga Gunungkidul Manfaatkan Air dari Bocoran Pipa PDAM

Seorang Guru SMKN 1 Ponjong Gunungkidul, Fajar Tri Wibowo, S Pd mengaku senang karena bisa melihat secara langsung dan mencoba teknologi energi terbarukan yang ada di laboratorium Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM. 

"Saya senang bisa melihat dan praktik langsung," katanya.

Sementara Widiastuti dari SMK N 1 Saptosari Gunungkidul merasa terinspirasi dengan kegiatan ini, karena dirinya tidak mendapatkan bahan saja tetapi juga dapat praktik langsung.

“Dari kegiatan ini saya punya bahan dan nambah modul energi Surya” katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved